Peringatan Hari Santri Nasional 2021 di Kapuas Berlangsung Khidmat

Peringatan Hari Santri Nasional 2021 di Kapuas Berlangsung Khidmat

KUALA KAPUAS, MK - Meskipun masih dalam kondisi pandemi yang kasusnya terus menurun, upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 tingkat Kabupaten Kapuas, Kalteng, tetap berlangsung khidmat digelar di halaman Masjid Agung Al Mukarram Kuala Kapuas, Jumat (22/11/2021).

Peringatan Hari Santri pada tahun 2021 ini mengusung tema "Santri Siaga Jiwa Raga".

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat bertindak sebagai Inspektur upacara, sekaligus membacakan pidato Menteri Agama (Menag) RI, H Yaqut Cholil Qoumas.

"Tema Santri Siaga Jiwa Raga adalah bentuk pernyataan sikap santri lndonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela Tanah Air, mempertahankan persatuan lndonesia dan mewujudkan perdamaian dunia," kata Bupati Saat membacakan amanat Menag

Siaga Jiwa berarti santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai dan ajaran lslam rahmatan lil'alamin serta tradisi luhur bangsa lndonesia. 

"Sedangkan Siaga Raga berarti badan, tubuh, tenaga dan buah karya santri didedikasikan untuk lndonesia. Oleh karena itu, santri tidak pernah lelah dalam berusaha dan terus berkarya untuk lndonesia,” ucap Ben dihadapan para santri yang mengikuti Upacara.

Menurut Menag, tema Santri Siaga Jiwa Raga menjadi sangat penting dan relevan dimasa seperti sekarang ini, dimana kaum santri tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana, HSN 2021 H Junaidi mengatakan, kegiatan disesuaikan dengan kondisi pandemi,  dilaksanakan dengan protokol kesehatan.

"Selain upacara bendera Peringatan Hari Santri Nasional 2021 juga dirangkai pembacaan zikir dan doa serta tahlil yang dilaksanakan di Masjid Agung Al Mukarram Kuala Kapuas,” ujarnya.

Pada peringatan HSN 2021 kali ini diikuti kurang lebih 600 santri yang berasal dari 13 pondok-pondok pesantren di Kabupaten Kapuas.

Turut hadir dalam upacara peringatan HSN 2021 tersebut, Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor, Sekretaris Daerah Kapuas Septedy, Ketua TP PKK Kapuas yang juga Anggota DPR RI Ary Egahni Ben Bahat,  Ketua DWP Kapuas Apollonia Septedy, jajaran Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas, Ketua PCNU KH Nurani Sarji, Rois Syuriah NU KH Muchtar Ruslan dan tokoh agama lainnya serta tokoh masyarakat setempat.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama