Panen 8 Ton, Pemkab Kotabaru Apresiasi Poktan Cabe Sekukup

Panen 8 Ton, Pemkab Kotabaru Apresiasi Poktan Cabe Sekukup

KOTABARU, MK - Kelompok Tani (Poktan) Sekukup di Desa Sarang Tiung, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kabupaten Kotabaru melakukan panen cabe sebanyak 8 ton di lahan 1 hektare.

Jenis cabe yang ditanam seperti cabe besar, cabe rawit, dan cabe keriting.

Ketua Poktan Sekukup, Ibrahim, Kamis (21/10/2021) menyampaikan, luas lahan yang dipergunakan seluas 1 hektare dengan tanaman sekitar 7000 bibit cabe, dengan hasil panen 8 ton.

"Alhamdulillah, untuk panen kali ini dapat menghasilkan kurang lebih sekitar 8 ton cabe dalam kurun waktu 10 bulan," ujarnya.

Ibrahim memaparkan, untuk pemasaran hasil panen cabe kali ini sementara hanya dijual di pasar lokal.

Dalam sambutan Bupati Kotabaru melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kotabaru, H Akhmad Rivai menyampaikan, pemerintah daerah sangat mengapresiasi kerja kelompok tani cabe Sekukup dalam meningkatkan perekonomian.

Akhmad Rivai menginginkan hasil panen cabe ini dapat dipasarkan di swalayan, mini market, dan pasar tradisional, mengingat kualitasnya sangat bagus dan tentu bisa meningkatkan perekonomian warga. 

Pada kesempatn itu, salah satu Manajer PT Arutmin NPLCT Kotabaru yang diwakili Supervisor CDEA, Yogi Swara Putra Mendra mengungkapkan, pihaknya siap bersinergi dengan pemerintah daerah dan mendukung untuk memfasilitasi kegiatan Poktan Sekukup ini.

"Kami akan terus melakukan pembinaan kepada Kelompok Tani cabe Sekukup wilayah kerja PT Arutmin NPLCT Kotabaru, dan kami akan memfasilitasinya seperti, membuka Green House untuk para Kelompok Tani," ucapnya. 

Acara panen raya cabe ini dihadiri Plt Camat Pulau Laut Sigam, Forkopimca, mahasiswa MIP, serta Perwakilan Kepala Dinas Pertanian.[zainuddin]


Lebih baru Lebih lama