Mahasiswa Poltekes Kunjungi Indocement Tarjun

Mahasiswa Poltekes Kunjungi Indocement Tarjun

KOTABARU, MK - Puluhan mahasiswa Politeknik Kesehatan Masyarakat (Poltekes) Banjarmasin melakukan kunjungan ke Indocement Tarjun di Kabupaten Kotabaru. Ini dilakukan dalam rangka penelitian dan pengambilan data dalam tugas akhir mahasiswa.

Sekitar 47 mahasiswa Poltekes Banjarmasin ini bertandang ke Pusat Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) PT Indocement Tunggal Prakarsa (ITP) Tbk Plant Tarjun.

Ini juga dalam rangka pengenalan lingkungan, penghijauan, penangkaran satwa langka dan lain sebagainya.

Pada kesempatan itu, Dosen pendamping Sri Anum Sari S.Km. M.Ling menyampaikan, kunjungan ini agar mahasiswa lebih mengenal lingkungan dan menambah pengetahuan baru secara langsung di lapangan dan sebagai tugas akhir mereka.

"Setelah melakukan penelitian dan pengambilan data, ternyata pihak Indocement memang sangat peduli terhadap lingkungan, ini tentu akan menjadi pengetahuan baru dan bisa diterapkan dilingkungan kampus," ujarnya.

Di sela kegiatan, salah seorang mahasiswa mengaku sangat senang bisa berkunjung ke P3M Indocement Tarjun. 

"Karena kami dari sini banyak belajar bagaimana cara mengelola lingkungan yang baik, memanfaatkan lahan tepat guna, dan mengolah pertanian berbasis modern," bebernya.

Menurutnya, banyak pelajaran yang bisa didapatkan di Indocement ini, khususnya tentang kepedulian terhadap lingkungan.

Kepala P3M Indocement Tarjun, I Wayan Kedep Sudhiarta mengungkapkan, ada beberapa penjelasan yang diberikan tentang kegiatan lingkungan, penghijauan mangrove, tentang fungsi dan kegiatan P3M, serta penangkaran satwa langka, program pemberdayaan masyarakat secara singkat berkenaan dengan penanaman, perawatan tanaman, perikanan, peternakan dan sebagainya.

"Kepedulian terhadap lingkungan ini lebih baik dimulai dari usia dini dan dimulai dari dirinya sendiri, sehingga akan menjadi kebiasaan hidup bersih untuk peduli dengan lingkungan sekitarnya," terangnya.

Sementara itu, perwakilan CSR Indocement Tarjun, Agus Rifani menambahkan, kunjungan tersebut sangat baik dalam pengenalan lingkungan, pengetahuan dan manfaatnya kepada para siswa, agar bermakna untuk menanamkan rasa kepedulian kepada lingkungannya. 

Sebut saja seperti fungsi pohon atau tanaman sebagai penghasil oksigen dan mengurangi karbondioksida, serta menjaga kesuburan tanah, menahan erosi, dan mengurangi pencemaran udara.[zainuddin]


Lebih baru Lebih lama