Luar Biasa, Anggrek Kalteng Sabet Kategori Terbaik di Papua Orchid Show 2021

Luar Biasa, Anggrek Kalteng Sabet Kategori Terbaik di Papua Orchid Show 2021

PALANGKA RAYA, MK - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Cinta Anggrek Spesies Indonesia (CASI) Provinsi Kalimantan Tengah berhasil memenangkan kategori Anggrek Langka pada kegiatan Papua Orchid Show 2021, dalam rangkaian Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Kegiatan Papua Orchid Show 2021 yang dilaksanakan pada 1 hingga 6 Oktober 2021 ini diikuti oleh 46 perwakilan Provinsi serta Kabupaten.

Sekertaris LSM CASI Kalteng, Chandra Ardinata mengatakan, dalam kegiatan tersebut pihaknya memamerkan dua jenis tanaman anggrek yang berasal dari wilayah Provinsi setempat.

Dari salah satu yang dipamerkan, LSM CASI Kalteng terdapat Paraphalaenopsis Laycockii atau lebih dikenal dengan Anggrek Ekor Tikus Kalteng yang masuk dalam kategori tanaman anggrek langka.

"Anggrek Ekor Tikus Kalteng ini merupakan jenis tanaman anggrek yang sudah mulai langka. Hanya ada 4 jenis di dunia dan salah satunya ada di tempat kita. Ini tentunya patut untuk kita jaga," katanya, Jumat (8/10/2021).

Owner Rumah Anggrek Arsyila tersebut menjelaskan, Anggrek Ekor Tikus Kalteng adalah maskot dari Kota Palangkaraya yang jarang di tampilkan dalam pergelaran pameran. Padahal anggrek jenis ini, cuman ada empat jenis di dunia yang salah satu satunya di Kalteng.

"Kami sempat bersaing dengan jenis anggrek lain. Walau awalnya sempat diprotes oleh juri kerena kelihata layu dan kami berusaha untuk meyakinkan tim juri bahwa ini baru datang, sebentar lagi akan mekar lagi, dan Alhamdulillah bisa diterima," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Chandra mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang sudah memberikan dukungan tim perwakilan dari Kalteng dapat memperkenalkan tanaman anggrek asli wilayah setempat.

"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada BKSDA yang sudah mengijinkan untuk membawa dan memamerkan anggrek ini dipentas Nasional," pungkasnya.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama