Indocement Gelar Webinar Tanggap Bencana dengan BPBD Kotabaru

Indocement Gelar Webinar Tanggap Bencana dengan BPBD Kotabaru

KOTABARU, MK – Salah satu bentuk kepedulian dalam meningkatkan pengetahuan tentang tanggap darurat bencana, Tim Tanggap Darurat Bencana, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotabaru untuk menyelenggarakan webinar tanggap bencana banjir dan Karhutla, dengan melalui Aplikasi Zoom, Selasa (19/10/2021).

Dengan tema “Manajemen Bencana dan Peran Relawan dalam Penanggulangan Bencana Banjir dan Karhutla”.

Seminar ini di ikuti oleh para relawan Kabupaten Kotabaru beserta perwakilan Desa Tarjun, Serongga, Tegalrejo, Langadai, Sidomulyo, Cantung Kiri Hilir, Sungai Kupang, yang termasuk mitra Indocement di sekitar Area Pabrik Indocement.
 
Selain itu, turut serta dalam kegiatan tersebut seperti Lembaga Pendidikan yang terdiri dari Tenaga Pengajar, Dosen dan Mahasiswa, dan beberapa Perguruan Tinggi di Kal-sel seperti Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM), Uniska, Poliban dan Politeknik Kotabaru serta para Dewan Guru beserta Siswa SMKN 2 Kotabaru, SMKS Kodeco, SMKS Yasmen dan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Cantung Kelumpang Hulu.

Selaku Narasumber dalam pelaksanaan kegiatan Lathif Faham Fauzi dari BPBD Kotabaru didampingi oleh Moderator Sudirman Noor dan Asrori Al Fakih dari Indocement Tarjun.

Dalam kesempatan itu, Narasumber Lathif Faham Fauzi dalam penyampaiannya potensi bencana khususnya di Kabupaten Kotabaru dan sekitarnya mesti dilakukan dengan prinsip yang Tanggap, Tangguh dan Tangkas.

Di samping itu, Ia juga menyampaikan berkenaan dengan bagaimana seharusnya penanggulangan bencana itu dilakukan.

“Peran relawan dalam penyelanggaraan penanggulangan bencana diatur dalam Peraturan Kepala BNPB Nomor 17 tahun 2011, diharapkan para relawan dapat berperan aktif sesuai kewajibannya dengan menerapkan prinsip kerja relawan dan memenuhi Panca Darma Relawan," katanya.

Sementara Manajemen Indocement, H Teguh Iman Basoeki mengatakan, kegiatan ini digelar merupakan salah satu rangkaian kegiatan Safety Week 2021, Indocement Tarjun menggelar secara Virtual Learning berbentuk Webinar kesiagaan tanggap darurat penanganan bencana bagi masyarakat.

“Materi Webinar yang diberikan berupa pengetahuan seputar pengenalan potensi dan upaya pencegahan dan penanggulangan dini dari resiko potensi bahaya, kesiagaan tanggap darurat, penanganan bencana banjir dan Karhutla," ucapnya.
 
Selain itu, peserta juga mendapatkan pendalaman seputar materi bidang K3 berupa pemberian teori dan praktik secara virtual dan peserta juga dilatih dengan diberikan pengetahuan agar dapat menganalisa potensi resiko bahaya, mengendalikan resiko bahaya dan tanggap darurat dalam penanganan bencana yang pemaparannya dikemas dengan penayangan melalui Video.

Salah satu peserta selaku tenaga Pendidik dari SMKN 2 Kotabaru, Agus Rusbandi sangat mengapresiasi dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut, ini tentu tak lepas dari peran Indocement dan BPBD hingga terlaksananya kegiatan ini.
 
“Webinar ini agar dapat  menjadi pedoman dalam peningkatan pengetahuan, kompetensi dibidang K3 dan tanggap dalam penanganan bencana, tentunya dapat bermanfaat bagi peserta didik. Intinya, webinar ini bagus sekali, diakhiri dengan beragam pertanyaan dan diskusi menarik yang dibahas oleh Moderator dengan pembicara serta peserta Audien yang hadir," singkatnya.[zainuddin]
Lebih baru Lebih lama