Hadiri Peringatan HSN, Santri Diingatkan Disiplin Prokes

Hadiri Peringatan HSN, Santri Diingatkan Disiplin Prokes

KUALA KAPUAS, MK - Situasi pandemi Covid-19 tampaknya tak menyurutkan semangat santri di Tanah Air untuk memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2021. Pun demikian di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Upacara peringatan HSN dengan penerapan protokol kesehatan di Kapuas dipusatkan di halaman Masjid Agung Al Mukarram Kuala Kapuas, Jumat (22/11/2021). Peringatan HSN kali ini mengusung tema "Santri Siaga Jiwa Raga".

Menteri Agama (Menag) RI, H Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat juga menitipkan pesan akan pentingnya menjaga protokol kesehatan sebagaimana anjuran pemerintah.

Tema "Santri Siaga Jiwa Raga" dinilai menjadi sangat penting dan relevan di masa seperti sekarang ini, di mana kaum santri tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan.

Sementara itu, Ketua Panitia HSN Kapuas, H Junaidi menyebut pelaksanaan upacara peringatan HSN kali ini tentunya disesuaikan dengan kondisi pandemi, yakni dengan disiplin protokol kesehatan.

Tak kurang 600 santri yang berasal dari 13 pondok pesantren di Kabupaten Kapuas ambil bagian pada upacara ini. 

Selain wajib memakai masker, jarak di antara peserta upacara juga diatur sedemikian rupa agar tetap menaati protokol kesehatan. Di momen santri juga diingatkan untuk selalu disiplin protokol kesehatan 5M.

Prokes 5M itu tak lain selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas di luar rumah.[anshari]


Lebih baru Lebih lama