Sayang Binatang, Puluhan Warga Kapuas Vaksinasi Hewan Peliharaan

Sayang Binatang, Puluhan Warga Kapuas Vaksinasi Hewan Peliharaan

KUALA KAPUAS, MK - Perhatian untuk hewan peliharaan tak hanya sekedar untuk merawatnya saja di rumah, diberi makan, dan diberi tempat tinggal semisal kandang. Tak hanya sekedar memelihara hewan kesayangannya. Mereka, juga memperhatikan kondisi kesehatan para hewan kesayangannya.

Seperti kali ini puluhan warga datang    untuk vaksinasi hewan peliharaan, di halaman Dinas Pertanian Kapuas, Jalan Pemuda Kuala Kapuas, Selasa (28/9/2021).

Vaksinasi rabies massal gratis hewan peliharaan ini digelar Dinas Pertanian dan Peternakan di halaman Kantor Dinas Pertanian Jalan Pemuda, Kuala Kapuas, Selasa (28/9/2021).

Vaksinasi tersebut dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day 2021). Sebanyak 100 dosis vaksin telah disiapkan.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Darius Bada S.Pt, MM mengatakan, vaksinasi rabies dilaksanakan rutin setiap tahunnya di Kabupaten Kapuas dengan mengunjungi setiap pemeliharaan hewan kesayangan seperti kucing, anjing dan monyet.

"Untuk kali ini perdana dilaksanakan vaksinasi massal yang diadakan dalam rangka Hari Rabies Sedunia," kata Darius.

Ia berharap kepada masyarakat untuk membawa hewan peliharaan mereka karena menurutnya selama ini ada beberapa kendala dalam pelaksanaan vaksinasi rabies antara lain HPR yang liar dan susah ditangkap, juga belum adanya kesadaran pemilik akan pentingnya vaksinasi rabies.

Sementara Kasi Kesehatan Hewan, Drh Anik Ariswandani mengatakan, tahun ini dilaksanakan vaksinasi massal perdana di Dinas Pertanian dan Peternakan. 

"Sejauh ini sudah 30 ekor kucing dan 2 ekor anjing yang sudah di vaksin. Kami apresiasi dan berterima kasih atas kesadaran masyarakat membawa hewan peliharaannya untuk divaksin," ujar Anik.

Lanjutmya, vaksin rabies bertujuan untuk memberantas penyakit rabies, karena penyakit ini sangat berbahaya belum ada obatnya apabila positif menular dari hewan ke manusia.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama