Sambut HKG, TP-PKK di 20 Kecamatan Ikuti Lomba

Sambut HKG, TP-PKK di 20 Kecamatan Ikuti Lomba

KOTABARU, MK - Sebanyak 20 TP-PKK Kecamatan di Kabupaten Kotabaru mengikuti partisipasi lomba dalam rangka menyambut Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK, Senin (6/9/2021).

Lomba dilangsungkan di Gedung Paris Barantai, dengan lomba memasak serba ikan, dan Beragam Menu, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), dan lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).

Rasidah, Ketua Pokja 3 TP-PKK Kotabaru mengatakan, untuk penilaian lomba tersebut dilakukan dari berbagai segi lomba, seperti cara penyajian, kreasi pengolahan, citarasa, gizi yang terkandung dalam masakan dan lainnya.

"Untuk Tim penilai kita hadirkan dari beberapa instansi, yaitu Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan, Chef Restoran, Chef Agus Sasirangan, serta TP-PKK Kotabaru,” jelas Rasidah.

Rasidah menambahkan, lomba ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya, dan dirangkai dengan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK.

Ketua TP-PKK Kotabaru, Hj Fatma Idiana dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan lomba ini dengan niat untuk memajukan kesejahteraan masyarakat Kotabaru melalui peningkatan konsumsi ikan yang telah diakui manfaatnya bagi kesehatan serta kecerdasan oleh para ahli gizi, serta perubahan budaya konsumsi pangan ke arah yang ideal, seperti dalam konsep B2SA kepada masyarakat. 

"Juga untuk meningkatkan konsumsi ikan dengan perubahan konsumsi pangan berbasis lokal di masyarakat, untuk itu haruslah dimulai dari peningkatan konsumsi ikan dan perubahan pangan lokal di keluarga," ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, untuk meningkatkan konsumsi ikan dan olahan berbasis bahan lokal, kita harus membudayakan makan ikan dan makan dengan berbahan lokal. dan untuk kalangan generasi muda adalah satu keharusan.

“Melalui gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) dan festival pangan desa diharapkan tumbuh kesadaran baik individu maupun semua lapisan masyarakat untuk gemar makan ikan dan makan dengan olahan berbasis bahan lokal," imbuhnya.

Selain itu, dengan lomba UP2K yang diikuti seluruh TP-PKK Kecamatan se-Kabupaten Kotabaru, diharapkan dapat melahirkan inovasi-inovasi baru bagi produk unggulan Kotabaru, baik dalam kerajinan maupun produk makanan dan minuman yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan keluarga bagi kelompok UP2K yang dibina oleh PKK.

Fatma mengharapkan agar produk-produk ini dapat terus dibina dan ditingkatkan mutunya sehingga dapat bersaing di pasaran.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Asisten Perekonomian dan pembangunan, Setda Kotabaru, Plt. Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Ketua DWP, Camat serta Anggota TP-PKK Kabupaten Kotabaru.[zainuddin]



Lebih baru Lebih lama