Rutin Latihan, Sensei Rio: Upaya Membina Fisik dan Mental Atlet Karate Pulang Pisau

Rutin Latihan, Sensei Rio: Upaya Membina Fisik dan Mental Atlet Karate Pulang Pisau

PULANG PISAU, MK - Lemkari Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), giat menggelar latihan rutin bagi para atlet karate di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat ini.

Tujuan latihan rutin tersebut, tidak lain untuk membentuk fisik dan mental bagi atlet karate Pulang Pisau agar siap mengikuti event-event pertandingan, terkhusus di bidang olahraga karate 

Itu disampaikan Sensei Rio mewakili pengurus inti Lemkari dibawah kepemimpinan Kajari Pulang Pisau.

"Latihan Rutin ini untuk membina fisik dan mental para atlet Karate Pulpis, dan memberikan teknik-teknis latihan yang nantinya mampu menjadikan atlet berprestasi saat mengikuti pertandingan karate, baik ditingkat kabupaten, provinsi bahkan nasional. Sehingga dapat mengangkat kembali nama karate di Kabupaten Pulang Pisau ini," kata Rio kepada awak media ini, Minggu (19/9/2021). 

Menurut Sensei Rio, Lemkari Kabupaten Pulang Pisau sendiri sudah banyak mencetak atlet berprestasi (di bidang olahraga karate). Bahkan, lanjutnya tak sedikit yang meraih prestasi saat mengikuti event resmi di luar daerah.

"Jadi, latihan rutin ini sekali lagi selain membentuk atau membina para atlet karate kita. Latihan ini juga bentuk kebersamaan untuk mewujudkan hasil maksimal di dalam pertandingan," ucap pria yang aktif melatih ratusan atlet karate Lemkari Pulang Pisau. 

Diterangkan Rio, latihan rutin yang digelar ini sebanyak 3 kali dalam seminggu atau sepekan. 

Atlet Lemkari Pulang Pisau yang mengikuti latihan rutin inipun, katanya dari berbagai tingkatan. Mulai tingkat usia dini hingga senior.

"Karen kita masih Pandemi Covid-19, latihan kita lakukan 3 kali dalam seminggu, yakni malam Kamis untuk atlet usia dini sampai senior. Selanjutnya, untuk Jumat sore khusus untuk persiapan mengikuti Porprov dan khusus hari Minggunya diikuti seluruh para karate Lemkari Pulpis," jelasnya.

Ia menambahkan, dengan aktifnya latihan dan lain sebaginya ini. Dirinya berharap agar koordinasi dengan Lemkari yang langsung dipimpin Kajari Pulang Pisau, terus berlahan sesuai harapan dan cita-cita Lemkari sendiri untuk mengembangkan dan memajukan atlet karate di Pulang Pisau menuju atlet berprestasi. 

"Sedangkan kan untuk total anggota karate Lemkari Pulpis ini sebanyak 200 orang. Tetapi karena Pandemi, yang masih aktif latihan ada 100 orang dan sisa 100 orangnya lagi latihan di rumah," tambah Rio.[manan]


Lebih baru Lebih lama