Pemprov Kalteng Raih Predikat Kedua Nasional dalam Penyaluran DAK

Pemprov Kalteng Raih Predikat Kedua Nasional dalam Penyaluran DAK

PALANGKA RAYA, MK - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) sukses berada di urutan kedua secara nasional dalam penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik.

Itu berdasarkan penghitungan dari Direktorat Jendral Perbendaharaan dan Direktorat Pelaksana Anggaran, Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Hal itupun jadi bagian menambah semangat dalam pelayanan dan upaya Pemprov dalam membangun daerah dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. 

Gubenur H Sugianto Sabran menyampaikan bahwa Pemprov Kalteng terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan pembangunan daerah.

"Ini bagian dari upaya pemerintah Provinsi Kalteng dalam meningkatkan pelayanan dan pembangunan. Terimakasih untuk kinerja para ASN dan juga masyarakat yang memberikan masukan dalam membangun Kalteng," katanya.

Sementra itu, pejabat Sekda Kalteng, Nuryakin menjelaskan, berdasarkan data yang ditampilkan dalam Aplikasi OMSPAN hingga 31 Agustus 2021, kinerja penyaluran DAK Fisik pada lingkup provinsi setempat telah mencapai Rp557.798.957.882 atau telah mencapai angka 33,90 persen dari total yang telah ditetapkan.

"Kinerja penyaluran tersebut lebih besar dari rata-rata nasional sebesar 22,86 persen dan menduduki urutan ke-2 secara nasional. Ini tentunya harus kita syukuri dan terus ditingkatkan," ungkapnya, Rabu (1/9/2021).

Dijelaskan, penghitungan jumlah pagu DAK Fisik tersebut terdiri dari 130 bidang atau 230 subbidang yang tersebar pada tingkat Provinsi hingga seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Kalteng.

Berdasarkan data, kontrak DAK Fisik yang telah direkam seluruh pemerintah daerah baik pada tingkat provinsi hingga Kabupaten/Kota dalam Aplikasi OMSPAN sampai dengan batas akhir pada 31 Agustus 2021, telah mencapai Rp1.569.899.093.405 atau sebesar 95,42 persen dari pagu.

Nuryakin berharap, agar para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Provinsi Kalteng untuk dapat mengoptimalkan kinerja dan serapan dananya mengingat manfaatnya dalam mendorong tumbuhnya perekonomian di Bumi Tambun Bungai itu.

"Kami sangat mengapresiasi koordinasi dan sinergi yang selama ini telah dilakukan dengan baik oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan beserta jajaran Sekretariat Daerah se-Provinsi Kalteng, sehingga kinerja penyaluran DAK Fisik dapat masuk dua besar nasional. Prestasi ini tentunya akan terus kita dorong dan di tingkat lagi. Ini juga berkat arahan pa Gubenur dan Wakil Gubernur dalam memantau hingga koordinasi internal," tukasnya.[kenedy/adv]


Lebih baru Lebih lama