Panen Raya, Wagub Kalteng: Nutrisi Padi Inpari Nutri Zinc Mampu Atasi Gizi Buruk

PULANG PISAU, MK - Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng), H Edy Pratowo Minggu (26/9/2021), melakukan kunjungan kerja (kunker) ke salah satu kawasan food estate di Kabupaten Pulang Pisau, tepatnya di Desa Belanti Siam Rey 28, Kecamatan Pandih Batu.

Kunjungan kerja oleh orang nomor 2 di Provinsi Kalimantan Tengah dengan agenda meninjau dan sekaligus mengikuti panen raya padi jenis Inpari Nutri Zinc di wilayah tersebut, juga memantau pelaksanaan vaksinasi di SMAN2 Pandih Batu.

Pada kesempatan itu, Wagub Kalteng berharap, agar pemerintah dapat mensosialisasikan secara masif tentang keunggulan padi Inpari Nutri Zinc yang kaya akan nutrisi ini.

"Kandungan nutrisi yang dihasilkan dari padi Inpari Nutri Zinc ini bisa membantu agar anak-anak kita kedepannya terhindar dari permasalahan stunting atau gizi buruk," ucap H Edy sapaan akrab Wagub Kalteng yang juga mantan Bupati Pulang Pisau.

Diungkapkannya, permasalahan stunting perlu  perhatian khusus dan menjadi tanggungjawab seluruh pihak, khususnya pemerintah. 

Sebab, lanjut Edy, saat ini Indonesia sedang menghadapi permasalahan Stunting termasuk secara umum di Provinsi Kalimantan Tengah.

Adapun persoalan Stunting adalah terkait masalah kesehatan dan gizi yang buruk, sehingga dengan mengkonsumsi padi Inpari Nutri Zinc ini merupakan upaya pemerintah dalam mengatasi permasalahan tersebut.

"Jadi, penanganan Stunting ini harus dimulai dari bahan makanan yang sumbernya bisa menekan bertumbuhan akibat gizi buruk sehingga angka Stunting jangan sampai tinggi," harapnya.

"Pak Presiden Joko Widodo pun melalui Kementerian terkaitnya telah mempercayakan Provinsi Kalteng melaksanakan program pengembangan food estate sebagai daerah yang diharapkan menjadi lumbung pangan yang merupakan bagian dari program strategi nasional atau PSN 2020-2024, dan wilayah itu salah satunya berada di Kabupaten Pulang Pisau," pungkasnya.

Sementara, kunker Wagub Kalteng ini  didampingi istri Hj Nunu Andriani Edy Pratowo unsur Forkopimda Kalteng, Pj Sekda Provinsi Kalteng, H Nuryakin beserta Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalteng, dan turut dihadiri Sekda Pulang Pisau, Tony Harisinta, unsur Forkopimda dan unsur Kepala SOPD di lingkup Pemkab Pulang Pisau.[manan/kenedy]


 
loading...

Posting Komentar

0 Komentar