Masih Covid-19, Pemkab Barsel Harus Perhatikan Nasib Pengrajin Lokal

Masih Covid-19, Pemkab Barsel Harus Perhatikan Nasib Pengrajin Lokal

BUNTOK, MK - Tidak bisa dipungkiri lagi, penyebaran Covid-19 membuat beberapa sektor perekonomian di Indonesia nyaris lumpuh. Tak terkecuali di Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kondisi ini setidaknya dialami masyarakat pengrajin lokal yang roda perekonomiannya bertumpu pada sumber daya alam sekitar.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barsel, H Raden Sudarto meminta kepada Pemerintah Kabupaten untuk memperhatikan nasib pengrajin lokal. Ini untuk membantu meringankan produksi dan meningkatkan produktivitas masyarakat, sembari pemerintah melalui dinas terkait memerangi penyebaran Covid-19.

“Masyarakat, terutama pengrajin lokal berbasis rotan, dan karet mengalami penurunan daya produksi dan produktivitas sebagai dampak dari penyebaran Covid-19,” tandas legislator yang akrab dipanggil Haji Alex ini, Sabtu (25/9/2021).
 
Politisi PDIP ini mengungkapkan, banyak masyarakat yang mengharapkan adanya bantuan dari Pemkab terkait penyediaan mesin perontok rotan guna mempermudah pekerjaan dan meringankan beban mereka.

“Mereka menginginkan mesin perontok rotan, itu saja. Tidak lebih. Saya rasa, Pemkab bisa mengadakan itu, tapi dengan catatan nantinya mekanisme penggunaannya harus kita perjelas. Jangan sampai menguntungkan hanya satu pihak,” ungkapnya.[deni]


Lebih baru Lebih lama