Terharu, Walikota Ibnu Cium Sang Saka Merah Putih

WALIKOTA Banjarmasin, H Ibnu Sina tampak terharu saat menyerahkan sang saka merah putih kepada pasukan pengibar bendera (Paskibra) tepat di momen peringatan Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, Selasa (17/8/2021).

Orang nomor satu di Kota Seribu Sungai ini pun terlihat mencium lambang kemerdekaan bangsa Indonesia itu, kemudian menyerahkannya kepada Paskibra untuk dikibarkan di tiang bendera di halaman Balai Kota Banjarmasin.

Peristiwa tersebut terjadi saat upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia yang ke 76 tahun 2021, lingkup Pemkot Banjarmasin, yang dilaksanakan di Siring Balai Kota Banjarmasin, sekira pukul 08.30 Wita.

Selain dihadiri kalangan terbatas, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan menerapkan aturan protokol kesehatan yang ketat.

“Kami hanya mengundang 30 orang undangan di luar petugas, termasuk kita semua. Petugas Paskib 40 orang,” terang Ibnu.

Untuk para veteran dan pejuang kemerdekaan, lanjutnya, tahun ini sengaja tidak diundang mengikuti upacara. Meski begitu, Pemkot Banjarmasin tetap memberikan perhatian kepada mereka. 

“Pejuang tidak kita undang, karena rata-rata sudah tua, dan veteran juga tidak kita undang, tapi dari Dinas Sosial Kota Banjarmasin langsung mendatangi kepada yang bersangkutan, karena tiap tahun ada uang tali asih, dan juga bantuan lainnya yang langsung diantar ke rumah mereka,” bebernya.

Menurut Ibnu, sesuai arahan Pemerintah Pusat, tahun 2021 ini Pemkot Banjarmasin juga mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk tidak melaksanakan berbagai macam lomba dalam rangka memeriahkan HUT Proklamasi kemerdekaan ini.

“Misalnya sudah ada persiapan lomba panjat pinang, kami imbau untuk tidak dilaksanakan. Semua kecamatan dan kelurahan, sudah gencar mensosialisasikan prokes, apalagi dalam suasana PPKM level 4, saya rasa sudah sejak setengah bulan yang lalu 3 pekan yang lalu sudah ada sosialisasi,” tuturnya.

Dijelaskannya lagi, menghadapi masa sulit seperti ini, seluruh lapisan masyarakat harus memiliki semangat untuk bangkit dan melawan penyebaran virus Covid-19.

Selain melawan virus, sambungnya, seluruh pemangku kepentingan di kota ini juga harus memiliki program-program kerja yang mampu mensejahterakan masyarakat.[adv/mia]


loading...