Pemda Dukung Program Ekstensifikasi Pertanian Dirjend PSP Kementan di Kapuas

Pemda Dukung Program Ekstensifikasi Pertanian Dirjend PSP Kementan di Kapuas

KUALA KAPUAS, MK - Pemerintah Kabupaten Kapuas, menyambut baik digagasnya program ekstensifikasi pertanian dari Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian yang akan dilaksanakakan di wilayah Kabupaten Kapuas.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kapuas, Drs Septedy. Menurutnya hal itu tentu berdampak positif untuk pertanian di Kapuas.

"Ya tentu Pemda Kapuas sangat mendukung program ekstensifikasi pertanian tersebut. Dan kita harapkan ini dapat selesai dan bisa berjalan dengan baik karna ini sangat berdampak untuk meningkatkan produktifitas pertanian di Kabupaten Kapuas," kata Septedy, usai mengikuti Rapat Paripurna di DPRD Kapuas.

Sebelumnya, Dirjen PSP Kementerian Pertanian RI, Ir. Ali Jamil, MP bersama sejumlah jajarannya, Minggu, 29 Agustus 2021 melakukan  langsung ke calon lokasi, tepatnya di Kecamatan Pulau Petak dan Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas.

Peninjauan tersebut turut diikuti Direktur Pembiayaan Pertanian, Indah Megahwati dan dari Biro Perencanaan Kementan, Hermato beserta staf Kementerian Pertanian.

Kunjungan pejabat pusat tersebut turut didampingi pihak Pemerintah Provinsi Kalteng diantaranya Pj Sekda Provinsi Kalteng Nuryakin, Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan yang diwakili Kabid PSP serta sejumlah pejabat lainnya.

Sedangkan dari Pemda Kapuas yakni Sekretaris Daerah Kapuas Septedy, Plt Kepala Dinas Pertanian Kapuas, Yaya dan sejumlah pejabat lainnya.

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka monitoring kegiatan ekstensifikasi pertanian di Kecamatan Pulau Petak dan kegiatan pertanian di Desa Bentuk Jaya A5 Kecamatan Dadahup.

Ekstensifikasi pertanian merupakan perluasan areal pertanian ke wilayah yang sebelumnya belum dimanfaatkan manusia, dengan sasaran lahan hutan, padang rumput, lahan gambut maupun lahan yang terpinggirkan.

Plt Kepala Dinas Pertanian Kapuas, Yaya, SP menyebutkan Kecamatan Pulau Petak pada tahun 2021 ini mendapatkan kegiatan program ekstensifikasi seluas 931,62 hektare, yang mana olah tanahnya dikerjakan oleh pihak TNI .

“Kemarin Dirjen PSP turun langsung untuk melihat pengerjaan kegiatan tersebut di Desa Sei Tatas Hilir seluas 148 hektar dan juga berkomunikasi dengan Penyuluh serta Ketua Kelompok Tani setempat, sehingga kegiatan ini nantinya bisa bermanfaat bagi petani Desa Sei Tatas Hilir khususnya dan Kecamatan Pulau Petak pada umumnya,” jelas Yaya.

Kemudian, ditambahkannya, kegiatan kunjungan pun dilanjutkan ke wilayah Desa Bentuk Jaya A5 Kecamatan Dadahup guna melihat langsung demo Alsintan Rota Tanam di Jalur Utara dan memonitoring penetapan lokasi Demplot Pupuk Hayati.

“Juga dilakukan monitoring perkembangan padi yang sudah ditanam, monitoring lahan dijalur selatan untuk tanam tabela dan memberikan arahan untuk pemanfaatan melalui tanaman hotrikultura,” pungkasnya.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama