Kembangkan Smart City, Diskominfotik Diskusi dengan Tim Ahli IT

Kembangkan Smart City, Diskominfotik Diskusi dengan Tim Ahli IT

DINAS Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banjarmasin melakukan diskusi bersama Tim Ahli IT yang ada di Kota Banjarmasin.

Diskusi yang berlangsung di Ruang Kerja Kepala Diskominfotik Banjarmasin, Rabu (4/8/2021) ini terkait pelaksanaan SmartCity kota Banjarmasin dan pengembangan ke depannya. 

Diskusi ini dipimpin Kepala Diskominfotik, Windiasti Kartika ST MT, didampingi Sekretaris Diskominfotik, Usni Erizal ST MT. Turut hadir Kabid Layanan E-Goverment, Ahmad Syarwani SE dan Kepala Bidang TIK, Endah Widiastuti S.Sos M.Ap beserta jajaran.

Menurut Windiasti, diskusi yang digelar ini untuk merumuskan bagaimana SmartCity Kota Banjarmasin dalam periode 3,5 tahun ke depan bisa merealisasikan visi dan misi Walikota - Wakil Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina - H Arifin Nor.

"Kami membahas antara lain terkait ada yang dinamakan kawasan ekonomi khusus digital untuk UMKM," tuturnya.

Kemudian juga, lanjutnya, terkait aplikasi kesehatan E-Health, bagaimana masyarakat bisa mendapatkan layanan kesehatan dengan baik dan lancar. 

"Bagaimana mereka bisa mendaftar untuk layanan dari rumah sehingga mereka tidak perlu antri di Puskesmas atau rumah sakit," terang wanita yang akrab disapa Windi ini.

Menurutnya, hal itu sangat sesuai untuk kondisi pandemi saat ini. Selain itu, diskusi juga membahas pembangunan Infrastruktur teknologi di Kota Banjarmasin untuk bisa melaksanakan sistem Pemerintahan berbasis elektronik dengan baik.

Windi menambahkan, Pemkot Banjarmasin bisa memberikan layanan kepada masyarakat terkait misalnya pembagian wifi gratis ditl tempat-tempat publik, sehingga masyarakat lebih banyak bisa memakai internet dan pada akhirnya menggunakan aplikasi aplikasi yang membuat kelancaran segala urusan mereka menjadi lebih mudah.

"Jadi pada APBD perubahan 2021 ini Dinas Kominfotik akan melakukan revisi masterplan SmartCity Kota Banjarmasin. Kami berencana melibatkan teman-teman Tim IT ini untuk memberikan masukan, saran untuk bisa memperoleh masterplan yang bagus," paparnya.

Ia berharap masterplan nantinya dapat diaplikasikan dan bisa memberikan manfaat maksimal untuk pencapaian program Baiman 2 bermartabat yang menjadi visi misi Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin saat ini.[adv/mia]


Lebih baru Lebih lama