SBC Timba Ilmu Penanganan ODGJ dengan Balai Budi Luhur Banjarbaru

SBC Timba Ilmu Penanganan ODGJ dengan Balai Budi Luhur Banjarbaru

PARINGIN, MK - Sahabat Balangan Center (SBC) yang bergerak di bidang sosial jalin silaturahmi bersama  Balai Budi Luhur, Banjarbaru di kedai SBC Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan, Selasa (13/7/2021).

Dalam silaturahmi tersebut, SBC banyak mendapatkan berbagai pengalaman dan pengetahuan terkait permasalahan dan penanganan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kabupaten Balangan.

Ketua SBC Balangan sekaligus Stafsus Bidang Sosial dan Kemanusiaan, Dewi Purwanti mengatakan, melalui silaturahmi bersama Balai Budi Luhur Banjarbaru, ia mengaku banyak mendapatkan berbagai pengalaman dan pengetahuan dalam menangani ODGJ yang ada di Kabupaten Balangan.

"Kita banyak belajar dari Balai Budi Luhur Banjarbaru terutama dalam penanganan permasalahan ODGJ di Kabupaten Balangan," ujarnya.

Ia berharap melalui adanya silaturahmi tersebut bisa memberikan banyak pengatahuan tentang penanganan ODGJ nantinya, serta juga bisa menyadarkan semua pihak agar terus tergerak dalam permasalahan penanganan ODGJ  yang ada dilingkungan terdekat.

Sementara itu, Sub Kordinator pekerja Sosial Balai Budi Luhur Banjarbaru, Nursoleh mengatakan, dalam permasalahan ODGJ yang ada dilingkungan masyarakat bermacam-macam perilaku baik terhadap pasien maupun terhadap lingkungannya.

"Perilaku masyarakat yang bermacam-macam dalam memperlakukan ODGJ yang ada di lingkungan masyarakat, memang ini bagian dari permasalahan yang terus dihadapi," bebernya.

Bahkan juga dalam ketersediaan obat bagi ODGJ, adalah kendala yang sering terjadi dalam penanganan ODGJ. Oleh karena itu, hal utama yang perlu dilakukan adalah pendataan terhadap ODGJ, sehingga penyuplaian obat bagi ODGJ bisa dikendalikan.

"Hal yang sangat penting juga adanya kesadaran masyarakat sekitar untuk bersama-sama dalam menangani berbagai permasalahan pada ODGJ," pungkasnya.[agus/adv]


Lebih baru Lebih lama