Rayakan Idul Adha, Balangan Wajibkan Prokes Ketat

Rayakan Idul Adha, Balangan Wajibkan Prokes Ketat

PARINGIN, MK - Dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1442 H, Pemkab Balangan menggelar rapat pelaksanaan kesiapan penerapan protokol kesehatan yang ketat, untuk mencegah penularan Covid-19. Bertempat di Ruang Kerja Wakil Bupati Balangan, Senin (19/7/2021).

Wakil Bupati Balangan, H Supiani menyampaikan, Pemkab Balangan memperbolehkan pelaksanaan salat Idul Adhadha di beberapa tempat, di antaranya Masjid Al-Akbar, Masjid Yamp' dan Masjid Al-Istiqamah Paringin Barat.

Ia menekankan kepada jamaah agar dapat menaati protokol kesehatan demi keamanan bersama. Sebelum masuk masjid pun para jamaah juga akan dilakukan cek suhu tubuh terlebih dulu oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan.

"Apabila suhu melebihi 37° C maka akan dicarikan tempat khusus untuk melaksanakan salat atau diarahkan ke rumah sakit untuk di cek lebih lanjut agar tidak mengganggu jamaah yang lain," tuturnya.

Lebih lanjut dalam rapat yang berlangsung, Ia juga menegaskan, meski Kabupaten Balangan masih terbilang sebagai wilayah yang aman, tetapi masyarakat diwajibkan harus tetap memperkuat protokol kesehatan Covid-19.

Ia berharap dengan adanya kerjasama dari beberapa pihak seperti Satpol PP, Dishub, Kepolisian, Dinas Kesehatan, dan unsur lainnya agar dapat berjalan aman, tertib, lancar dan tidak menimbulkan klaster baru pada pelaksanaannya.

Terpisah, Kabag Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Balangan, Albani Abbas mengatakan, pelaksanaan salat yang utamanya akan berlangsung di Masjid Al-Akbar, untuk penempatan para jamaah disesuaikan dengan tempat yang telah disediakan.

"Kami minta kepada Satpol PP khususnya yang perempuan untuk mengarahkan kepada jamaah perempuan agar menempati tempat yang telah tersedia yaitu di lantai atas dan laki-laki di lantai bawah," beber dia.

Selain itu, untuk teknis penyembelihan hewan kurban pun juga disarankan oleh pemerintah daerah agar melaksanakannya di hari kedua Idul Adha untuk menghindari terjadinya kerumunan.

"Karena mungkin di hari pertama itu masyarakat kita lumayan banyak, jadi hari kedua kemungkinan kerumunan itu bisa dihindari. Disarankan untuk menyembelih di tempat yang sudah disediakan oleh Dinas Pertanian yaitu di RPH," pungkasnya.[agus/adv]
Lebih baru Lebih lama