Produk UMKM di Balangan Mulai Bersaing di Pasar Ritel Modern

Produk UMKM di Balangan Mulai Bersaing di Pasar Ritel Modern

PARINGIN, MK - Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Balangan terus alami perkembangan hal tersebut terbukti saat beberapa produk lokal UMKM masuk di pasar ritel modern.

Salah satunya pelaku UMKM di Kecamatan Awayan, Maskur yang memproduksi gula semut. Ia mengatakan, produk UMKM-nya telah berhasil masuki di beberapa pasar ritel modern di Kabupaten Balangan.

"Kita telah memproduksi gula semut, yang terus kita kembangkan dan terus berkomitmen untuk bisa bersaing dengan produk yang ada di ritel modern," ujarnya, saat ditemui awak media dalam acara launching produk UMKM di Kecamatan Paringin, Rabu (30/6/2021).

Ia juga mengungkapkan, sejak 2012 Ia telah mengembangkan usahanya hingga saat ini, bisa masuk di beberapa pasar ritel modern yang ada di Kabupaten Balangan.

Semantara itu, Plt Kepala Dinas UMKM, Koperasi dan Peindustrian Pemkab Balangan H Samsul Hidayat menyampaikan, pihaknya akan terus berusaha untuk mengembangkan produk UMKM di Kabupaten Balangan agar bisa memasuki pasar ritel modern.

"Kita juga akan terus kembangkan UMKM di Balangan, salah satunya dengan  memberikan pembinaan serta berbagai bimbingan lainnya," tuturnya.

Bahkan, tambahnya, hingga kini ada 8 produk UMKM Balangan yang telah masuk dalam pasar ritel modern. Selanjutnya direncanakan ada 12 produk UMKM  lagi yang akan diajukan masuk dalam retail modern.

"Tentunya kita, berharap UMKM Balangan bisa terus bisa mengembangkan produk lokalnya dan mampu bersaing dengan produk lainnya," pungkasnya.[agus/adv]


Lebih baru Lebih lama