Orang Tua Lebih Berperan dalam Pembelajaran Daring

Orang Tua Lebih Berperan dalam Pembelajaran Daring

PALANGKA RAYA, MK - Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam memaksimalkan pelaksanaan pembelajaran dari rumah atau daring disaat pandemi ini.

"Dalam pelaksanaan pembelajaran daring, maka peran orang tua sangat penting mendampingi dan mendorong anaknya belajar dari rumah," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya, Akhmad Fauliansyah, Sabtu (17/7/2021).

Sisi baiknya, lanjutnya, dengan peran aktif orang tua atau wali murid untuk melakukan pendampingan dan dukungan terhadap anak selama masa pembelajaran daring dari rumah, maka akan lebih mendekatkan orang tua untuk mendidik terhadap anak-anaknya.

"Proses pembelajaran dari rumah yang dilakukan dengan metode daring memang memiliki banyak kendala. Namun hal tersebut jauh lebih baik mengingat keselamatan peserta didik harus lebih diutamakan," imbuhnya.

Sementara itu, menurutnya lagi, masih ditundanya pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di wilayah Kota Palangka Raya lebih dikarenakan masih tingginya potensi penularan Covid-19.

Meskipun, akunya, sejumlah sekolah yang berada di bawah pengawasan Disdik Kota Palangka Raya sudah 100 persen siap dengan akan dilaksanakan PTM secara terbatas. Namun, seperti diketahui kalau keadaan pandemi masih seperti ini.

"Sekolah sudah siap. Mereka sudah menyiapkan untuk PTM terbatas jauh-jauh hari. Namun, seperti yang kita ketahui kalau keadaan pandemi masih seperti ini. Pastinya akan sangat membahayakan apabila PTM dilaksanakan," urainya.

Ia menambahkan, pihaknya masih menunggu hasil evaluasi dari Satgas Penanganan Covid-19 Kota Palangka Raya terkait, dapat tidaknya PTM terbatas dilakukan.

"Nanti akan dievaluasi lagi, apakah PTM terbatas dapat dilakukan ataukah tidak," tukasnya.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama