Damkar BPBD Pulang Pisau Serahkan Buaya Mantaren II ke BKSDA Kalteng

Damkar BPBD Pulang Pisau Serahkan Buaya Mantaren II ke BKSDA Kalteng

PULANG PISAU, MK - Pemadam Kebakaran atau Damkar BPBD Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, menyerahkan seekor buaya yang diperkirakan berukuran 1 meter ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah (Kalteng).

Penyerahan buaya berlangsung di Kantor BPBD Pulang Pisau, Kamis (1/7/2021) sore.

Predator buas berukuran sekitar 1 meter itu, diserahkan setelah berhasil ditangkap oleh warga dan pihak PJU Pulang Pisau, yang didapati warga saat memancing ikan di lingkungan Rey 5, Desa Mantaren II, Kecamatan Kahayan Hilir, Pulang Pisau. 

"Benar, buaya tadi itu sudah kita serahkan ke BKSDA tadi sore," kata Marto, Kepala Bidang Damkar BPBD Kabupaten Pulang Pisau kepada awak media ini.

Diungkapkannya, penyerahan buaya kali ini tentunya menambah daftar binatang jenis buaya yang sebelumnya juga telah pernah diserahkan ke pihak BKSDA Kalteng dengan jenis yang sama, yakni seekor buaya Mantaren II.

"Beberapa waktu lalu juga seekor buaya berukuran cukup besar pernah ditangkap dan diserahkan pihak BKSDA Kalteng," ujar Marto.

Tampaknya, menurut Marto, Desa Mantaren II ini menjadi habitat buaya. Sebab, selain beberapa ekor yang berhasil ditangkap warga setempat juga kerap melihat kemunculan yang diduga buaya dengan ukuran bervariasi.

"Jadi, kami turut mengimbau agar warga sekitar berhati-hari saat berada dipinggiran sungai atau yang tengah beraktivitas di sungai atau parit-parit yang ada di lingkungan Desa Mantaren, khususnya Mantaren II. Karena, diperkirakan masih ada buaya lainnya," tutup Marto.[manan]


Lebih baru Lebih lama