Anggota DPRD Kapuas Ini Dorong Proses Penyaluran DD dan ADD Dipercepat

Anggota DPRD Kapuas Ini Dorong Proses Penyaluran DD dan ADD Dipercepat

KUALA KAPUAS, MK - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kapuas, Kunanto, meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas mempercepat proses rekomendasi realisasi penyaluran Dana Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (DD dan ADD).

Menurut politisi Partai Nasdem ini, agar proses pemeriksaan baik itu dokumen maupun pertanggungjawaban hasil kegiatan yang telah dilaksanakan hendaknya dapat dipercayakan kembali kepada pihak kecamatan saja, sehingga birokrasinya tidak terlalu berbelit-belit dan dapat dipermudah.

"Kalau dulukan proses pemeriksaan hasil kegiatan setelah dilakukan monitoring dan evaluasi cukup sampai di kecamatan saja yang selanjutnya diperiksa oleh pihak DPMD guna mendapatkan persetujuan, kalau sekarang saya lihat justru malah agak rumit, kasihan para Kades kalau mereka bisa berhari-hari di Kapuas hanya buat mengurus itu saja, apalagi para kades yang ada di wilayah kecamatan bagian hulu," Kata Kunanto, Rabu (28/7/2021).

Dikatakannya, bahwa kenapa hal ini diharapkannya, sebab dirinya mendapatkan keluhan dari Pemerintah Desa (Pemdes) terkait  lamanya dan berbelit-belitnya proses dalam pencairan Dana Desa (DD), dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang saat ini mereka ajukan.

"Terlebih dengan adanya beberapa kali perubahan aturan, yang akhirnya mereka harus bolak-balik kembali ke desa guna memperbaiki berkas laporan mereka," kata Dia.

Diharapkan Kunanto, kalau memang proses pemeriksaan berkas laporan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan sampai dengan laporan pertanggungjawaban yang dituangkan dalam SPJ harus dan wajib diperiksa kembali setidaknya DPMD harus menambah personel.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama