Sri Huriyati: Peran Wanita Penting dalam Kemandirian Membantu Ekonomi Keluarga

Sri Huriyati: Peran Wanita Penting dalam Kemandirian Membantu Ekonomi Keluarga

PARINGIN, MK - Ketua TP PKK Kabupaten Balangan, Sri Huriyati Abdul Hadi terus mendorong penigkatan dan peran wanita dalam upaya kemandirian untuk membantu ekonomi keluarga. Hal tersebut terlihat saat Ia melakukan Studi banding ke beberapa daerah. 

Bersama dengan TP-PKK Balangan dan Pokja III, pihaknya telah melakukan kunjungan ke salah satu kelompok wanita tani Mekar Sari di desa Taruna Jaya Rt.04 Kelurahan Karang Taruna Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, Sabtu (12/6/2021).

Kunjungan tersebut dalam rangka silaturrahmi dan menambah wawasan serta bahan pembelajaran untuk Balangan bagaimana menjadikan lahannya menjadi Hatinya PKK.

“Setelah beberapa waktu lalu melakukan kaji banding di kabupaten Barito Utara, Kalimantan tengah, kali ini kita kembali belajar dari kelompok wanita tani yang ada di Pelaihari, karena mereka sangat kreatif dan kita bisa mencontoh dari mereka,” ujar Sri.

Sri berharap setiap pekarangan masyarakat Balangan memiliki Hatinya PKK Agar dapat membantu perekonomian Keluarga

“Dengan adanya tanaman-tanaman serta obat-obatan tradisional seperti tanaman toga yang ada di pekarangan mereka, bisa membantu mengirit biaya hidup dan kalo bisa membantu ekonomi keluarga dan meningkatkan gizi keluarga apa lagi di masa pandemi ini kita para wanita harus kreatif,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, TP-PKK Balangan akan terus berupaya mendorong dan mengajak wanita agar mampu mandiri secara ekonomi. 

“Kemandirian ekonomi menjadi salah satu tujuan kita walau hanya dimulai dari pekarangan rumah,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua dari Kelompok Wanita Tani Mekar Sari, Siti Maisaroh mengatakan ini  adalah salah satu kelompok tani yang bersenergi dengan TP.PKK Tanah Laut (Tala).

“TP PKK Tala selalu memberikan bimbingan dan arahan kepada kami, apa dan bagaimana agar kelompok taniu kami bisa maju,” ungkapnya.

Bahkan, tambahnya, salah satu tanaman yang menjadi unggulan adalah slada. Tanaman hidroponic seperti slada adalah tanaman yang paling unggul di kecamatan Pelaihari.[agus/adv]
Lebih baru Lebih lama