Sinergi Pusluhtan dan Puslatan untuk Akselerasi Kegiatan

Sinergi Pusluhtan dan Puslatan untuk Akselerasi Kegiatan

BERTEMPAT di Hotel Santika BSD City, Serpong, dilakukan rapat persiapan pelaksanaan Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan (PLEK) program IPDMIP, Selasa (15/6/2021). 

Rapat dibuka oleh Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, Ir Bustanul Arifin Caya, MDM.

Program IPDMIP merupakan kegiatan multiyears yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM di kawasan irigasi. 

Untuk meningkatkan kapasitas SDM, dilakukan melalui kegiatan pelatihan dengan tujuan yang berbeda. 

Pertama adalah pelatihan penyegaran bagi penyuluh dan petani mengenai materi manajerial dan teknis. Pelatihan Rantai Nilai, bertujuan agar petani dapat mengakses pasar.

Kemudian, pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan (PLEK), bertujuan agar petani dapat mengakses sumber keuangan.

Untuk mengakselerasi kegiatan, Pusat Penyuluhan Pertanian menggandeng Pusat Pelatihan Pertanian dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan tersebut.

Pelatihan bagi penyuluh (TOF) dilakukan untuk membekali penyuluh mengenai materi-materi tersebut. 

Pelaksanaan Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan (PLEK) rencananya dilangsungkan 21 Juni 2021, selama 3 hari. Para penyuluh nantinya akan mentransfer ilmu tersebut kepada petani.

Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian berharap agar kolaborasi tersebut terus berlanjut, sehingga pelaksanaan kegiatan di lapangan lebih efektif dan tidak tumbang tindih. 

Selain itu media penyuluhan yang sudah ada seperti Mentan Sapa Petani (MSPP), Bertani on Cloud (BOC), dan Ngobrol Bareng Santai (NGOBRAS), dapat dimanfaatkan secara bersama dan diisi oleh narasumber dari penyuluh, widyaiswara dan dosen.[advertorial]

Penulis : Ramadhani


Lebih baru Lebih lama