Shopie: Wujudkan KLA dengan Perkuat Layanan Pendidikan

Shopie: Wujudkan KLA dengan Perkuat Layanan Pendidikan

PALANGKA RAYA, MK - Kota Palangka Raya saat ini tengah menjalani tahap verifikasi lapangan evaluasi Kota Layak Anak (KLA).

Diharapkan, dari kegiatan verifikasi itu mampu menghasilkan nilai yakni terwujudnya Kota Palangka Raya sebagai Kota Layak Anak.

"Kami tentunga mendukung Kota Palangka Raya ini mampu menjadi Kota Layak Anak. Namun, untuk mewujudkan itu semua perlu diperhatikan berbagai aspek pandang," ungkap Wakil Ketua II Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Shopie Ariany, Kamis (3/6/2021).

Politisi Partai Perindo itu menguraikan, adapun berbagai aspek yang dimaksud adalah bagaimana upaya Pemerintah Kota Palangka Raya dalam melakukan penguatan kelembagaan, lingkungan, kesehatan dan kesejahteraan, termasuk sarana dan prasarana sebagaimana yang diprasyarat dalam kota layak anak tersebut.

"Sebut saja untuk sekolah-sekolah tingkat dasar dan menengah, maka sudah seharusnya pemerintah memprioritaskan layanan pendidikan anak, sembari didukung dengan ketersediaan ruang bermain," imbuhnya.

Harus disadari, lanjutnya, jika sudah sepantasnya anak-anak selaku generasi penerus memerlukan ruang khusus dari pemerintah demi melindungi berbagai hak dasarnya untuk berkembang.

Namun terlepas dari itu, upaya mewujudkan kota layak anak juga harus sejalan serta sesuai dengan undang undang nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas undang undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak.

"Maka itulah untuk menjadikan kota Palangka Raya benar benar menjadi kota layak anak, tentu harus sesuai aturan perundang undangan," tegasnya.

Selain itu, dirinya yakin Pemkot Palangka Raya mampu melakukan hal tersebut, mengingat terwujudnya Palangka Raya sebagai kota layak anak, sangat sesuai dengan visi dan misi Pemkot Palangka Raya dalam mewujudkan Smart Environment (lingkungan cerdas), Smart Society (masyarakat cerdas) dan Smart Economy (ekonomi cerdas).[kenedy]


Lebih baru Lebih lama