Semarakkan Harlah Pancasila, Pemkab Kotabaru Gunakan Busana Adat

Semarakkan Harlah Pancasila, Pemkab Kotabaru Gunakan Busana Adat

KOTABARU, MK - Apel peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021 di Istana Negara, Selasa (1/6/2021), turut dihadiri Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui virtual dari Operarion Room Setda.

Selain Bupati Kotabaru, juga tampak Wakil Bupati Kotabaru, Ketua DPRD, Forkopimda, Sekretaris Daerah, dan Kepala SKPD dengan menggunakan pakaian adat daerah. 

Tema yang diangkat pada peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila, yaitu "Pancasila Dalam Tindakan, Bersatu Untuk Indonesia Tangguh".

Apel peringatan Hari Lahir Pancasila dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Dalam pidatonya, Ia mengatakan, peringatan Hari Kelahiran Pancasila tahun ini dilaksanakan di tengah masa pandemi Covid-19 yang menguji daya juang kita sebagai bangsa, menguji pengorbanan kita, menguji kedisiplinan kita, menguji kepatuhan kita, menguji ketenangan dalam mengambil langkah kebijakan yang cepat dan tepat. 

"Dalam menghadapi ujian tersebut, kita bersyukur bahwa Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan kita semuanya, menggerakkan persatuan kita dalam mengatasi semua tantangan, menggerakkan rasa kepedulian kita untuk saling berbagi, memperkokoh persaudaraan dan kegotong royongan kita untuk meringankan beban seluruh anak Negeri, menumbuhkan daya juang kita dalam mengatasi setiap kesulitan dan tantangan yang kita hadapi," paparnya. 

Ini adalah nilai-nilai luhur Pancasila kita hadirkan secara nyata dalam kehidupan kita, Pancasila harus menjadi nilai hidup dan bekerja dalam kehidupan, terutama nilai bekerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah, nilai hidup terus kita gelorakan dalam semangat Rakyat Indonesia. 

Presiden mengajak seluruh elemen bangsa di mana pun berada untuk terus memperkokoh tali persatuan dan persaudaraan, saling membantu, saling menolong, dan saling bergotong-royong, serta selalu optimis bahwa bangsa kita adalah bangsa pemenang dalam menghadapi setiap tantangan yang menghadang. 

Bupati Kotabaru Sayed Jafar, ditemui usai acara mengajak semua elemen untuk mendoakan seluruh pahlawan yang telah gugur merupakan pendiri lahirnya Pancasila. 

"Ini akan menjadi sejarah bangsa kita yang harus kita kenang, untuk itu kami atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan selamat Hari Lahir Pancasila," pungkasnya.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama