Program YESS kembali Gelar Kegiatan Tingkatkan Kapasitas BDSP

Program YESS kembali Gelar Kegiatan Tingkatkan Kapasitas BDSP

PROVINCIAL Project Implementation Unit (PPIU) Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) Kalimantan Selatan, kembali menggelar pelatihan bagi staf BDSP (Business Development Service Provider). 

Pelatihan bagi staf BDSP ini digelar sehari, Senin (28/6/2021) di Kampus SMK-PP Negeri Banjarbaru yang diperuntukkan bagi BDSP di 3 Kabupaten yang terlibat program Yess di Kalimantan Selatan.

Dijelaskan Project Manager PPIU Kalsel, Angga Tri Aditya Permana, kegiatan ini merupakan pelatihan tahap kedua yang diperuntukkan bagi staf BDSP yang belum mengikuti pelatihan sebelumnya.

"Tujuan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas staf BDSP yang nantinya akan memfasilitasi calon peserta Program Yess,” ujarnya. 

Kegiatan ini diikuti 30 peserta dari 28 BDSP yang terdiri dari 23 BPP dan 5 P4S di Kalimantan Selatan, berasal dari 3 Kabupaten yang  Program Yess yaitu Banjar, Tanah Laut dan Tanah Bumbu.

Angga menambahkan, peserta diberikan pelatihan untuk dapat mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan/program baik pelatihan maupun permagangan dalam rangka memfasilitasi dan mengembangkan CPCL.  

Selain itu, BDSP mampu membuat Three Years Action Plan berupa kegiatan atau program dalam mempersiapkan CPCL supaya menjadi wirausahawan atau pekerja yang siap bekerja di DU/DI.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, Kementan akan terus memfasilitasi generasi muda agar bisa terjun menjadi petani serta wirausaha pertanian.  

"Kita fasilitasi mereka, kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita manfaatkan teknologi, Alsintan, jejaring hingga jejaring pemasaran. Kita ubah pola pikir generasi muda bahwa pertanian itu keren, hebat, dan satu-satunya sektor yang menjanjikan terlebih di tengah pandemik ini," jelas Mentan SYL.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi menjelaskan, dua kunci utama dalam pelaksanaan program YESS.

"Pertama program YESS hadir untuk meningkatkan kapasitas pemuda di pedesaan melalui pendidikan dan pelatihan untuk menjadi agen pembangunan pertanian. Kedua, sasaran dari program YESS yakni pemuda-pemudi harus memiliki jiwa kewirausahaan dari hulu sampai hilir," katanya.[advertorial]


Lebih baru Lebih lama