Peletakkan Batu Pertama, Sekolah Alam Al Qudwah Resmi Dibangun di Kotabaru

Peletakkan Batu Pertama, Sekolah Alam Al Qudwah Resmi Dibangun di Kotabaru

KOTABARU, MK - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kotabaru, Selamat Riyadi S.Pd M.Ed meresmikan sekaligus melakukan peletakan batu pertama pembangunan Sekolah Alam Al Qudwah yang berlokasi di Kelurahan Baharu Selatan, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kamis (24/6/2021).

Selain Ketua Yayasan Pendidikan Al Qudwah, H Sahbirin Noor SE, juga turut hadir Ketua IGTKI, Lurah Baharu Selatan, para guru Sekolah Alam Al Qudwah, tokoh agama, serta tokoh masyarakat.

Usai peletakan batu pertama, Selamat mengatakan, sekolah alam ini sistem pembelajarannya tetap menggunakan aturan kurikulum yang disusun oleh pemerintah. Hanya saja, metode tentang pembelajarannya tidak belajar di dalam ruangan kelas. 

Ini, lanjutnya, sama halnya dengan sekolah-sekolah lainnya, akan tetapi sekolah alam Al Qudwah di lingkungan yang masih alami dan indah serta di ruang yang terbuka.

"Ini sangat luar biasa dan baru pertama kalinya ada di Kotabaru. Anak-anak peserta didik nantinya akan lebih mengenal dan mengerti tentang alam secara langsung dan dapat melestarikannya," jelasnya. 

Selamat berharap sekolah ini dapat berkembang. Pihaknya juga siap mensupport dari segi rekomendasi, mulai periinan dan program-program kegiatan apa saja yang akan dilakukan agar dapat disinergikan dengan sekolah alam tersebut.

Terkait bantuan dari Disdikbud, apabila ke depannya sudah memenuhi ketentuan dan syarat untuk mendapatkan bantuan, tentu tidak menutup kemungkinan Disdikbud membantu dan menyalurkan bantuan ke sekolah alam Al Qudwah.

Untuk tenaga pendidik atau guru, saat ini sudah ada 2 orang yang dibantu dari guru TK untuk mendapatkan intensif daerah. Ke depannya jika memungkinkan semua juga akan dibantu dan difasilitasi Disdikbud.

Ketua Yayasan Pendidikan Al Qudwah, H Sahbirin Noor mengungkapkan, pada dasarnya pembangunan sekolah alam ini ingin menciptakan manusia-manusia yang andal, bertaqwa, religius serta mencintai alam.

"Dengan dilaksanakannya pembangunan sekolah alam Al Qudwah ini betul-betul alami, dan kami berharap akan memberikan nuansa baru bagi pendidikan di Kabupaten Kotabaru,” terang Sahbirin.

Pembangunan di atas lahan seluas 1 hektare ini, ke depannya akan dibuka sekolah PAUD, TK B. Sementara ini baru dibangun ruang SD beserta kantor.

"Kami juga berharap setelah dibangunnya sekolah alam ini, nantinya ada para donatur atau pihak ketiga yang ingin memberikan bantuannya untuk sekolah ini," harap Sahbirin.[zainuddin]


Lebih baru Lebih lama