Pancasila, Tetap Menjadi Pemersatu Bangsa

Pancasila, Tetap Menjadi Pemersatu Bangsa

BUNTOK, MK - Hari ini 1 Juni 2021 menjadi peringatan Pancasila yang dinilai berbeda di bandingkan tahun-tahun sebelumnya. Segala aspek kehidupan masyarakat menjadi berubah. 

Anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Tri Wahyuni mengatakan, hingga satu tahun lebih, sudah lamanya wabah Covid-19 melanda Indonesia.

“Sudah banyak korban jiwa karena wabah ini. Kehidupan masyarakat dalam keseharian berjalan tidak seperti biasanya," ucap Tri, Selasa (1/6/2021).

Meskipun begitu kata dia, memaknai Hari Pancasila tidak bisa terhalang akibat wabah ini. Pancasila, kata dia, tetap menjadi pemersatu bangsa Indonesia.

“Hari ini 1 Juni, bangsa kita memperingatinya sebagai Hari Kelahiran Pancasila, satu kata yang menjadi pengikat pemersatu bangsa ini. Bung Karno bersama para Bapak Pendiri Bangsa lainnya menggunakan Pancasila sebagai pandangan hidup banga dan negara Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,” ungkap Tri.

Ia juga mengajak masyarakat untuk tetap selalu menjalankan dan melaksanakan lima sila dalam tubuh Pancasila yang memiliki inti Kemanusiaan dan Persaudaraan. 

Hal ini pun harus ditekankan terlebih dengan kondisi dalam melawan wabah pandemi Covid-19 saat ini.

“Masa pandemi ini banyak di sekitar kita yang terdampak. Banyak orang kehilangan pekerjaan, tidak dapat berusaha dan berdagang," imbuhnya. 

"Di situlah kita harus hadir dan berbagi. Solidaritas bangsa ini sangatlah hebat, jargon Gotong Royong benar-benar ada dan berjalan di masyarakat saat ini, saling bantu dan berbagi merupakan perwujudan nyata Pancasila,” tegas Politikus PDI Perjuangan ini.[deni]


Lebih baru Lebih lama