Momen 1 Juni, Maknai Kembali Nilai Luhur Pancasila

Momen 1 Juni, Maknai Kembali Nilai Luhur Pancasila

BUNTOK, MK - Menandai peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni, Anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Ensilawatika Wijaya mengajak seluruh warga negara Indonesia untuk memaknai kembali nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila. 

"Dengan keragaman yang terdapat pada Bangsa Indonesia, pemikiran dan cita-cita luhur tersebut membuat persatuan dalam keberagaman, yang tercermin dalam satu kalimat yang menjadi slogan dan prinsip seluruh anak bangsa, Bhineka Tunggal Ika," ucap Ketua Komisi ll DPRD Barsel ini, Selasa (1/6/2021).

Menurut Ensilawatika, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sangat luhur. Sudah seharusnya seluruh warga Indonesia mempelajari dan memaknainya kembali.

Para pendiri bangsa memahami dengan baik, keragaman yang terdapat pada bangsa Indonesia. Mereka merumuskan Bhineka Tunggal Ika, yang bermakna berbeda-beda atau beragam tetapi tetap satu, yang menjadi slogan dan prinsip seluruh anak bangsa.

"Bahwa tidak hanya makna yang terkandung dalam kalimat Bhineka Tunggal Ika yang menjadi pemersatu bangsa Indonesia, namun kandungan nilai dalam sila-sila Pancasila memiliki keluhuran tersendiri yang perlu dipahami dan diterapkan seluruh warga Indonesia," ungkap politisi dari PDI Perjuangan ini.

Legislator dari Dapil ll ini menjelaskan, di tengah situasi sulit bangsa ini terutama karena dampak pandemi Covid-19, Hari Pancasila hendaknya menjadi momentum untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila.

Sebut saja seperti Keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, lebih empati pada sesama manusia, semangat untuk saling membantu dan bersatu, bijaksana membangun kesejahteraan rakyat.

"Penerapan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, menjadi kunci untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera, adil, dan bermartabat," pungkas wanita murah senyum ini.[deni]


Lebih baru Lebih lama