Komitmen Lingkungan Hidup, STC Gelar Penanaman Pohon

Komitmen Lingkungan Hidup, STC Gelar Penanaman Pohon

KOTABARU, MK - PT Sebuku Tanjung Coal (STC) berkomitmen terhadap lingkungan hidup dengan menggelar penanaman pohon bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru yang digelar di lokasi tambang, Senin (31/5/2021).

General Manager PT STC, Manahan Hariandja melalui perwakilan Management Head Office Sebuku Coal Group David Sebastian menyampaikan, STC adalah sebagai perusahaan pertambangan yang ada di kabupaten Kotabaru, yang mana kegiatan operasional produksi dilakukan pada awal tahun 2020 dengan scala berkelanjutan untuk melaksanakan kaidah-kaidah pertambangan yang baik dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

"Hal ini ditunjukkan dengan melakukan reklamasi, pasca tambang guna mengembalikan dan menata kembali fungsi lahan sebagai bentuk kepatuhan perusahaan dalam memenuhi ketentuan Pemerintah, dan undang-undang no 3 tahun 2020. tentang peraturan Pemerintah no 78 tahun 2010 serta Kepmen ESDM no 1827 tahun 2018 yang mengatur mengenai reklamasi dan revegetasi bagi pemegang izin usaha pertambangan," kata Manahan.

Adapun kegiatan tersebut sampai dengan bulan April 2021 Sebuku Tanjung Coal telah melakukan Reklamasi dengan luas 114,70 hektare, dan pelaksanaan Revegetasi dengan luas 13,27 hektare, yang terdiri dari penanaman 2.013 batang pohon, serta 66.250. 

"Di samping itu, saat ini masih terdapat Area Revegetasi seluas 101.43 hektare dalam proses finalisasi penataan dan peralihan, selain melakukan Reklamasi dan Revegetasi sejak tahun 2020 PT STC melakukan pengelolaan dan pemantauan lingkungan secara berkala," ungkapnya.

Kegiatan pembibitan (Nursery) berperan aktif dalam kegiatan peringatan lingkungan hidup, seperti Hari Bumi, Hari Hutan, Hari Air serta Hari Lingkungan Hidup Sedunia. namun dengan kondisi pandemi saat ini, sebelumnya kegiatan-kegiatan tersebut masih dilakukan secara terbatas untuk internal perusahaan.

"Dengan pertimbangkan penurunan status zona pandemi di Kabupaten Kotabaru dan tetap memberlakukan protokol kesehatan yang ketat, oleh karena itu kami harus menunjukkan komitmen dan tanggung jawab pada masyarakat terhadap kelestarian lingkungan," paparnya.

Bahwa pada hari ini Senin, 31 Mei 2021, PT STC bersama Bupati yang diwakili oleh wakil Bupati Kotabaru beserta Forkofimda dan jajaran Pemkab Kotabaru untuk melaksanakan kegiatan penanaman pohon bersama dan sekaligus menyambut hari jadi Pemkab Kotabaru ke-71 pada 1 Juni 2021.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama