Jemput Bola Vaksinasi Masyarakat di Kalteng Dimasifkan

PALANGKA RAYA, MK - Selain melakukan vaksinasi massal gratis, baik oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng),  Kabupten/Kota, termasuk juga instansi TNI/Polri.

Pemprov Kalteng juga melakukan upaya peningkatan vaksinasi secara masif, salah satunya dengan sistem hunting atau jemput bola vaksinasi. Seperti Sabtu (27/6/2021) malam, vaksinasi menyasar ke lokasi pasar, cafe hingga aktifitas masyarakat di malam Minggu.

Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran menuturkan, vaksinasi untuk masyarakat terus dilakukan baik oleh Pemerintah, TNI/Polri, sehingga masyarakat tervaksin dan dapat mengurangi atau terhindar dari potensi Covid-19.

"Kita terus melakukan edukasi, sosialisasi mengenai prokes ketat serta vaksinasi di masyakat, selain petugas, tenaga kesehatan, pegawai serta lansia, dan sasaranya ke masyarakat luas. Selain ditempat yang ditentukan, juga dilakukan sistem jemput bola vaksinasi untuk masyarakat oleh tim tenaga kesehatan," kata Sugianto, sebelum kegiatan.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai itu juga mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi mengurangi laju inveksi penyebaran Covid-19 di Kalteng, dengan cara bervaksin. 

"Kami mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi, karena ini jadi tanggung jawab bersama. Ini salah satu upaya bisa mengurangi laju inveksi, atau menghindari potensi Covid-19," imbuhnya.

Terpisah, Plt Sekda Kalteng, H Nuryakin mewakili Gubernur didampingi Walikota Palangka Raya, Fairid Nafarin, Kapolresta, Dandim, Kadis Kesehatan Provinsi Kalteng, memantau upaya vaksinasi di Tugu Soekarno, serta ikut melakukan inspeksi mendadak (sidak) gabungan pelaksanaan Operasi Yustisi Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi dan Satgas Covid-19 Palangka Raya, Sabtu malam. 

Kegiatan dengan rute Kecamatan Jekan Raya, diantaranya jalan Kinibalu, Sanggabuana, Rajawali, Garuda, Bukit Kaminting, Yos Sudarso, dan jalan G Obos.

Sementara itu di Kecamatan Pahandut, yakni di  jalan A.Yani, Jawa (Komplek Pasar Besar), Seth Adji, dengan menyambangi warga untuk pemantauan, sosialisasi Protokol kesehatan (Prokes) 5 M, membagi masker, membagi hands sanitizer dan edukasi terkait vaksin.

"Kami ikut memantau aktifitas tim yustisi gabungan dari Pemprov dan Pemko, bersama Polresta dan Kodim, melakukan imbauan, edukasi prokes dan jangan takut divaksin. Harapan Pak Gubernur, dalam upaya mendorong peningkatan vaksinasi masyarakat di Kalteng dapat tercapai dan dapat terlaksana dengan baik," kata Nuryakin. 

Nuryakin mengharap vaksinasi Covid-19 di Kalteng bisa mencapai 25.000 orang sehari. Sehingga pentingnya melakukan jemput bola kepada masyarakat.

"Mencermati perintah Pak Gubernur untuk mempercepat vaksinasi memang kita melakukan vaksinasi serentak melibatkan berbagai unsur termasuk TNI/Polri. Saat ini, untuk seluruh target tahapan 1 dan tahapan 2 sekitar 410.000. Kalau untuk nakes sudah lama selesai, untuk pelayanan publik juga sudah diatas 100 persen, lansia sudah 30 persen. Mudah-mudahan sampai akhir Juni angkanya makin bagus dan makin banyak," urainya.[kenedy]



loading...

Posting Komentar

0 Komentar