Informasikan Pertanian, Program YESS Gelar Open Day di Tanah Laut

Informasikan Pertanian, Program YESS Gelar Open Day di Tanah Laut

PELAIHARI, MK - Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian Negeri (SMK-PPN) Banjarbaru, selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) Provinsi Kalimantan Selatan, bersinergi dengan SMK-PP Negeri Pelaihari menggelar Pameran Pertanian dan Peternakan bertajuk Open Day di Kabupaten Tanah Laut, Minggu (14/6/2021).

Kegiatan open day dilakukan sebagai upaya mewujudkan  komitmen Kementan dalam regenerasi petani.  

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, mengajak generasi muda berpandangan jauh ke depan. Dengan banyaknya lahan yang beralih fungsi, kesempatan berwirausaha di bidang pertanian sangat terbuka sekali dan sangat menjanjikan. 

"Kita fasilitasi mereka, kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita manfaatkan teknologi, alsintan, jejaring hingga jejaring pemasaran. Kita ubah pola pikir generasi muda bahwa pertanian itu keren, hebat, dan satu-satunya sektor yang menjanjikan terlebih di tengah pandemik ini," jelas Mentan SYL.

Sementara, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi menjelaskan, dua kunci utama dalam pelaksanaan program YESS.  

"Pertama; program YESS hadir untuk meningkatkan kapasitas pemuda di pedesaan melalui pendidikan dan pelatihan untuk menjadi agen pembangunan pertanian. Kedua; sasaran dari program YESS yakni pemuda/i harus memiliki jiwa kewirausahaan dari hulu sampai hilir," katanya.

Pada kesempatan berbeda, Kepala SMKPP N Banjarbaru, Budi Santoso menjelaskan, kesuksesan SMKPP tidak hanya terletak pada bangunan fisik, tetapi bagaimana siswa setelah selesai dan ditunjang Program YESS betul-betul siap kerja atau berwirausaha.

“Untuk itu kami mengajak generasi  muda untuk menggeluti sektor pertanian. Tak hanya itu generasi milenial pertanian juga harus berpikir out of the box guna menghasilkan inovasi. Kalau kita tidak mempunyai semangat mental yang merubah itu semua kita tidak berkembang. Semuanya bermula dari SDM," tegasnya.

Kepala SMK-PP Negeri Pelaihari, Bichmanto juga mengutarakan hal serupa. 

"Dengan adanya Open Day ini, kita bisa melihat bersama respon daripada masyarakat untuk melihat, mengamati, dan menikmati pameran ini sangat luar biasa responnya," ungkap Bichmanto.

"Dan kita berharap kegiatan ini mampu memberikan pengetahuan untuk masyarakat dan dapat menumbuhkan minat para generasi muda kepada bidang pertanian maupun peternakan, sehingga akan semakin banyak melahirkan Petani Milenial, khususnya di Tanah Laut," harapnya.

Kegiatan open day yang berlokasi di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kijang Mas Pelaihari ini diikuti oleh beberapa SMK yang ada di Tanah Laut, diantaranya SMK-PP Negeri Pelaihari, SMKN-1 Bati-Bati, SMKN-1 Kintap dan SMKN-1 Takisung. 

Selain itu, Politeknik Tanah Laut dan beberapa Perusahaan yang merupakan mitra dari SMK-PPN Pelaihari juga turut ambil bagian dalam kegiatan ini.[advertorial]

Penulis : Tim Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru

Lebih baru Lebih lama