DPRD Bartim Gelar Raker dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan

DPRD Bartim Gelar Raker dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan

TAMIANG LAYANG, MK - Belum lama ini, DPRD Barito Timur (Bartim) membahas pembangunan kualitas pertanian dalam rapat kerja (raker) bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan atau Distankep.

Rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua II DPRD Bartim, Depe dan diikuti oleh anggota dewan lainnya, Asisten Sekda serta Kepala Distankep beserta jajaran.

Depe menerangkan, dalam rapat tersebut pihaknya meminta agar Distankep memiliki grand desain atau rancangan induk maupun peta yang memudahkan untuk mengetahui letak kawasan persawahan, perkebunan maupun kawasan perikanan.

"Kita meminta PPL (penyuluh pertanian lapangan) harus dibekali dengan pelatihan-pelatihan untuk peningkatan sumber daya manusia," ujarnya ketika dikonfirmasi, Jumat (11/6/2021).

Secara kelembagaan, ia sepakat untuk meningkatkan kualitas pembangunan pertanian di Bartim, terutama untuk mendukung persiapan menjadi penyangga logistik pangan ibukota negara.

Terpisah, Kepala Distankep Bartim, Trikorianto menyampaikan rasa terima kasih atas kepedulian dan pendampingan yang dilakukan oleh DPRD demi meningkatkan motivasi serta kinerja PPL.

"Kedepan akan diupayakan untuk peningkatan disiplin penyuluh dalam kegiatan rutin maupun pendampingan petani di kelompok, termasuk sinergitas penyuluh dengan pemerintah desa dalam hal pembangunan pertanian," bebernya.

Menurutnya, selaras dengan keinginan DPRD, Bupati Bartim juga memberikan perhatian terkait penyediaan fasilitas kendaraan operasional yang memadai maupun kesejahteraan bagi PPL.

"Kita menyadari bahwa APBD kita juga sangat terbatas, jadi terkait fasilitas kendaraan, Distankep akan melakukan inventarisasi kendaraan dinas roda dua yang rusak maupun yang penggunaannya tidak sesuai peruntukan agar diperbaiki dan digunakan penyuluh," tukasnya.[rama]


Lebih baru Lebih lama