Desa Sei Hambawang Gelar Pembekalan SDGs bagi Relawan Desa, Ini Tujuannya

PULANG PISAU, MK - Untuk memudahkan rencana pembangunan di tahun 2022 mendatang, Desa Sei Hambawang, Kecamatan Sebangau Kuala, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, menggelar kegiatan Sustainable Development Goals (SDGs).

Kegiatan yang berlangsung di balai desa setempat itu, dilaksanakan pada 26 Mei 2021 lalu. Melibatkan relawan desa terdiri dari para RT, KPMD dan aparatur Desa Sei Hambawang.

Kepala Desa Sei Hambawang, H Iseng melalui Sekdesnya, Rapani mengatakan, kegiatan tersebut untuk membekali relawan desa yang terdiri dari para RT, KPMD dan aparatur desa.

Tugas para relawan desa itu sendiri, lanjut Pani sapaan akrabnya, yakni untuk pemuktahiran data penduduk, indeks desa membangun atau IDM, juga untuk untuk profil Desa.

"Kemudian lagi untuk memudahkan musyawarah desa (Musdes) dalam menentukan perencanaan  pembangunan desa pada tahun 2022 dan seterusnya," ucapnya kepada media ini, Jumat (11/6/2021).

Dikatakan Pani, Sustainable Development Goals atau SDGs sendiri merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin di seluruh dunia, termasuk Indonesia. 

"Adapun diantara tujuannya SDGs sendiri guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan dan lain sebagainya," tutur Pani menjelaskan.

"Dan pembekalan ini dibina dan dilatih langsung oleh Tenaga Ahli (TA) dan pendamping desa dari P3MD Desa Sei Hambawang," tambahnya.

Kedepan dirinya berharap, agar seluruh desa, termasuk Desa Sei Hambawang mampu menjadi desa yang maju dengan memperhatikan pembangunan dan kesejahteraan masyarakatnya.

"Mewakili kades saya pribadi berharap Desa Sei Hambawang dan desa lainnya di wilayah Pulpis ini terus berkembang, dan tidak ada lagi kades maupun aparaturnya yang berurusan dengan hukum," pungkasnya.[manan]


loading...

Posting Komentar

0 Komentar