Dinsos Pulpis Terima Kunjungan DPRD Tanah Bumbu

Dinsos Pulpis Terima Kunjungan DPRD Tanah Bumbu

PULANG PISAU, MK - Dinas Sosial Kabupaten Pulang Pisau (Dinsos Pulpis), Kamis (20/05/2021) menerima kunjungan rombongan anggota DPRD Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis (20/5/2021).

Kunjungan para legislator Tanah Bumbu itu, dalam rangka mempertanyakan tentang pendataan yang dilakukan oleh Dinas Sosial terkait dengan bantuan sosial baik bantuan dari Provinsi maupun dari Pusat.

Kehadiran rombongan, khususnya dari Komisi I DPRD Tanah Bumbu disambut langsung oleh Kepala Dinas Sosial  Pulpis Eknamesi Tawun melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Dinsos Pulpis, Mahdalene.

"Kunjungan kita kali ini dalam rangka mempelajari bagaimana sistem Dinas Sosial Pulpis mendata calon keluarga penerima manfaat (KPM) yang akan dikirim ke pusat terutama di Daerah terpencil," ucap ketua Rombongan DPRD Tanah Bumbu, H Supiansyah Z A.

Supiansyah yang juga menjabat Ketua DPRD Tanah Bumbu itu mengatakan pihaknya memilih Kabupaten Pulpis sebagai wadah belajar karena Pulpis memiliki kesamaan dengan Tanah Bumbu baik dari segi geografis dan beberapa segi lainnya.

"Pulpis ini memiliki kesamaan geografi dengan tanah bumbu. Bahkan yang kita apresiasi di Pulpis memiliki tiga Desa terpencil dengan akses yang sulit dijangkau masih bisa didata dan disalurkan bantuannya. Itu yang ingin kita pelajari dari Dinsos Pulpis," katanya.

Ia mengungkapkan dari diskusi dengan Dinsos Pulpis tadi diketahui dalam penyaluran bantuan tetap mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Lanjutnya, khusus di masa pandemi Covid-19 ini, data penerima bantuan terus mengalami perubahan. Hal ini disebabkan adanya masyarakat yang rentan langsung menjadi kurang mampu atau jatuh miskin karena kehilangan pekerjaan ataupun pendapatan.

"Dalam sistem pendataan tidak ada yang berbeda dengan Kabupaten Pulpis, semua berdasarkan data Kementerian. Begitu juga penyaluran. Ada beberapa strategi yang kita dapat dari Pulpis untuk penyaluran di Daerah terpencil sehingga bantuan yang disalurkan itu bermanfaat bagi KPM di daerah itu," tutupnya.[manan]


Lebih baru Lebih lama