Banjir di 6 Kecamatan Kapuas, Camat Diinstruksikan Monitor Kondisi di Wilayahnya

Banjir di 6 Kecamatan Kapuas, Camat Diinstruksikan Monitor Kondisi di Wilayahnya

KUALA KAPUAS, MK - Musibah banjir melanda 6 wilayah kecamatan di Kabupaten Kapuas yakni, Kecamatan Mandau Talawang, Kapuas Tengah, Kapuas Hulu, Pasak Talawang,Timpah dan Kecamatan Mantangai, sejak Selasa 18 Mei 2021 lalu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kapuas, Septedy didampingi Kepala Dinas Sosial, Budi Kurniawan dan Kalaksa BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga, saat melepas pengiruman bantuan logistik untuk korban banjir, meminta Camat dan jajaran di wilayah terdampak agar pro aktif memantau kondisi terkini banjir tersebut.

"Kita meminta camat-camat untuk turun kelapangan melakukan upaya jemput bola," ujar Septedy, di halaman Kantor Dinsos, Jalan Patih Rumbih, Jumat (21/5/2021).

Selain itu, Ia meminta kondisi banjir yang terjadi agar disampaikan kepada manajemen perusahaan-perusahaan swasta di wilayah setempat agar turut berpartisipasi membantu masyarakat terdampak.

"Camat juga diminta menyampaikan kondisi ini kepada perusahaan-perusahaan yang ada di sekitar lokasi banjir supaya segera menggelontorkan CSR nya. Untuk membantu masyarakat kita yang terdampak banjir ini," tandas Septedy.

Sebelumnya, Pemkab Kapuas menyalurkan bantuan untuk tahap awal bagi korban terdampak, bantuan, berupa puluhan paket sembako dan beras 600 kilo gram yang diantar langsung personel BPPB dan Dinsos Kapuas ke lokasi banjir.

Berdasarkan data Pusdalolps PB BPBD Kapuas, akibat musibah banjir yang melanda 6 wilayah kecamatan tersebut, sampai dengan Jumat, 21 Mei 2021 siang jumlah korban terdampak sebanyak 5.409 kepala keluarga (KK). Di lokasi, terkini, ketinggian debit air berkisar 50 hingga 70 sentimeter.

Banjir di enam wilayah kecamatan itu juga mengakibatkan 3.807 unit rumah terendam. Selain itu, juga ada beberapa tempat ibadah dan fasilitas umum yang terendam.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama