UN Jadi AN, Kotabaru Masih Terkendala Sinyal dan Fasilitas IT

UN Jadi AN, Kotabaru Masih Terkendala Sinyal dan Fasilitas IT

KOTABARU, MK - Dinas Pendidikan (Disdik) segera melaksanakan Ujian Nasional (UN) bagi siswa. Lantaran saat ini masih di masa pandemi Covid-19, pemerintah pun mengganti dengan Asesmen Nasional (AN) di mana pelaksanaannya menggunakan daring atau semi daring, Selasa (6/4/2021).

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kotabaru, Selamet Riyadi mengatakan, memang pihaknya akan melaksanakan AN pada September nanti, namun kita masih terkendala sinyal dan fasilitas IT.

Selamet menjelaskan, saat ini pelaksanaan AN di Kotabaru tidak merata, disebabkan tidak adanya sinyal komunikasi (blank spot) yang ada di beberapa sekolah.

Pihaknya juga terkendala fasilitas Informasi Teknologi (IT), karena banyak sekolah yang belum memiliki fasilitas pendukung otomatis. Ini nantinya akan dilaksanakan di sekolah terdekat yang ada sinyal dan fasilitas IT.

"Saat ini banyak sekolah yang belum mempunya fasilitas IT dan daerahnya blank spot jadi untuk pelaksanaannya kita melalui sekolah terdekat, bagi sinyal dan fasilitas IT bagus," jelas Selamet.

Untuk itu, kita juga masih menunggu Juknis dari Kemendikbud, bagaimana teknis untuk pelaksanaan AN agar di Kotabaru pada September nanti sudah mempersiapkan segala sesuatunya.

"Apabila Juknis dari Kemendikbud sudah keluar sehingga dapat melakukan pemetaan data sekolah, yang mana nantinya mengikuti adalah kelas V, kelas VIII, dan kelas XI. Untuk itu kita siap melaksanakan Asesmen Nasional. apabila Juknis dari Kemendikbud sudah keluar untuk melakukan pemetaan data sekolah," tandasnya.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama