Swita Minta Manajemen Koperasi Jeli Melihat Peluang Usaha

Swita Minta Manajemen Koperasi Jeli Melihat Peluang Usaha

BUNTOK, MK - Pelatihan Penerapan Nilai Dasar dan Jati Diri Koperasi bagi Anggota Koperasi se-Kabupaten Barito Selatan (Barsel) 2021 digelar Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Perindustrian dan Perdagangan Barsel di Aula Hotel Mulia Kencana Kota Buntok, Jumat (9/4/2021).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas KUKM Barsel, Swita Minarsih SE, serta dihadiri Drs Sintaman MM dari Dinas Koperasi  Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan narasumber dari Universitas Palangka Raya (UPR).

Dalam sambutannya, Swita mengatakan, pelatihan ini melibatkan 30 peserta. Mereka merupakan perwakilan dari pengurus dan pengawas koperasi dari 23 koperasi se-Barsel.

Dia menjelaskan, koperasi merupakan ekonomi berbasis kerakyatan dengan kekuatan anggotanya. Pengelolaan Koperasi yang baik tidak lepas dari Sumber Daya Manusia (SDM) dan pengurus maupun pengelola.

"Ini harus dilandasi dengan penerapan nilai dasar dan jati diri koperasi," tuturnya.

Menurutnya, kegiatan ini sangat strategis untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengurus serta pengawas koperasi dalam kegiatan usaha. Ini agar pengurus dan pengawas koperasi mengaktifkan rapat anggota tahunan setiap tahunnya.

"Saya mengingatkan agar manajemen, khususnya koperasi yang ada se-Barsel harus jeli melihat peluang usaha untuk dijadikan bidang usaha baru," tutupnya.[deni]

Lebih baru Lebih lama