Legislator Ini Minta Pemkab Kapuas Lakukan Peremajaan Pohon Hutan Kota

Legislator Ini Minta Pemkab Kapuas Lakukan Peremajaan Pohon Hutan Kota

KUALA KAPUAS, MK - Anggota DPRD Kabupaten Kapuas, Kunanto meminta Pemkab Kapuas melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait segera melakukan peremajaan pohon-pohon di kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) taman hutan kota di sekitar Jalan Tambun Bungai dan Jalan Maluku komplek stadion Kapuas.

Hal itu disampaikan Politisi Nasdem ini, menyusul adanya insiden pohon tumbang yang menimpa warga hingga mengalami luka serius dan harus dilarikan ke rumah sakit.

"Kami sudah menyampaikan kepada instansi terkait supaya melakukan peremajaan atau mengganti pohon-pohon yang sudah usianya lanjut, dan karakter pohon rawan tumbang seperti tanaman sengon itu," tandas Kunanto, Selasa (6/4/2021).

Sebab, lanjut dia, keberadaan pohon-pohon yang ada di kawasan hutan kota itu rawan tumbang, dan membahayakan pengguna jalan, terlebih pada saat cuaca ekstrem seperti hujan deras disertai angin kencang yang belakangan kerap terjadi di Kuala Kapuas.

"Agar jangan ada lagi tumbuhan yang rawan patah. Kalau bisa pohon seperti trembesi yang pohon tahunan lama dan kayunya keras serta tidak membahayakan," kata Kunanto.

Menurutnya, terkait musibah yang terjadi akibat pohon tumbang tersebut yang dirugikan masyarakat, maka pemerintah daerah harus hadir.

"Minimal membantu biaya perawatan warga yang kena musibah pohon tumbang itu harus dijamin oleh daerah," tukasnya.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama