Kembangkan Desa Mitra, SMK-PPN Banjarbaru Gelar Pelatihan Alsintan

Kembangkan Desa Mitra, SMK-PPN Banjarbaru Gelar Pelatihan Alsintan

BANJARBARU, MK – Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Banjarbaru menggelar pelatihan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dalam rangka pengembangan desa mitra berorientasi regenerasi petani di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Karang Intan, Kabupaten Banjar pada Senin (5/4/2021) lalu.

Kegiatan yang digelar selama 2 hari ini diikutisebanyak 20 peserta yang terdiri dari Petani, dan Petani Millenial.

Koodinator BPP Karang Intan, Aidi Royansyah menyampaikan ucapan terima kasih kepada SMK-PPN Banjarbaru yang telah menunjuk BPP Karang Intan sebagai tempat pelaksanaan pelatihan.

Menurutnya, pelatihan ini merupakan sebuah kesempatan bagi peserta untuk menambah ilmu. 

"Ini kesempatan bagi Bapak-Bapak yang hadir hari ini. Mudah-mudahan pelatihan ini banyak manfatnya bagi kita semua. Khususnya bagi perkembangan pertanian di wilayah karan intan," kata Oyan, sapaan akrabnya.

Nudin yang hadir menggantikan Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Banjar juga mengungkapkan hal serupa. 

“Semoga para peserta bisa menimba ilmu selama 2 hari ini. Untuk para petani kolotnial, diharapkan bisa membangkitkan semangat muda dan memberikan contoh yang baik kepada para petani millenial, agar mereka juga bersemangat dalam bertani. Ke depan, kalau tidak berlatih dari sekarang, kita akan tertinggal. Oleh karena itu, manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya," jelas Nudin.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyebutkan, Kementan memang sedang fokus dalam meningkatkan penggunaan Alsintan oleh petani di lapangan. Apalagi mekanisasi pertanian memang dipercaya dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi kegiatan produksi.

“Penggunaan Alsintan bisa menekan angka losses (susut hasil) hingga di bawah 3 sampai 5 persen. Kalau kita mau tingkatkan produktivitas berbagai komoditas strategis kita, mulai dari padi, kedelai, hingga gula, maka mekanisasi pertanian harus menjadi bagian penting dari program kita,” terang SYL.

Sejalan dengan Mentan SYL, Kepala BPPSDM Pertanian, Dedy Nursyamsi juga sering menekankan bahwa penggunaan teknologi dan ilmu pengetahuan penting untuk mendorong hasil peningkatan produksi para petani.

Untuk pelatihan Alsintan ini, peserta mendapatkan materi mengenai alat mesin pertanian jenis traktor roda 2, meliputi pengenalan, penggunaan, perbaikan hingga perawatan traktor roda 2. 

Selain materi kelas, peserta juga dibekali dengan materi praktek pengolahan lahan menggunakan traktor roda 2.[advertorial]

Lebih baru Lebih lama