Tiga Bulan Terakhir Positif Covid-19 di Kapuas Capai 827 Kasus

Tiga Bulan Terakhir Positif Covid-19 di Kapuas Capai 827 Kasus

KUALA KAPUAS, MK - Dalam kurun waktu tiga bulan, Januari sampai Maret 2021 terjadi lonjakan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng). 

Fakta tersebut diketahui pada Rapat Koordinasi Perkembangan dan Analisis Covid-19 yang digelar di Aula Bappeda Kapuas, Selasa (16/3/2021) siang. 

Rapat dipimpin langsung Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat, dihadiri Wakil Bupati HM Nafiah Ibnor, Sekda Kapuas Septedy, unsur Forkopimda dan stake holder lainnya.

Dalam rapat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kapuas memaparkan data perkembangan terkini Covid-19 di Kabupaten Kapuas.

Pemaparan disampaikan Kadinkes Kapuas, Apendi bersama Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kapuas, dr Tri Setyautami.

"Jumlah total kasus positif di tahun 2021 yang baru tiga bulan berjalan, hanya berbeda tipis dengan total kasus positif di tahun 2020 lalu," ujarnya.

Jumlah total kasus positif Covid-19, Maret hingga Desember 2020 ada 958 kasus.

"Tahun 2021 ini, Januari hingga 15 Maret, sudah ada 827 kasus positif bertambah. Jumlah tahun 2020 dan 2021 yang masih tiga bulan berjalan, hanya selisih 131,"  kata Apendi.

Lanjutnya, kenapa tiga bulan ini kasus positif cukup besar, karena ia menyebut pihaknya memang aktif dan gencar melakukan pencarian kasus sebanyak-banyaknya, melalui tes antigen dan PCR.

Selain itu, kata Apendi di Kapuas saat ini sudah mulai banyak tempat swasta, klinik dan lain sebagainya yang bisa melayani tes antigen. 

"Hingga timbul kesadaran masyarakat memeriksakan diri secara mandiri, khususnya kalangan menengah ke atas, karena memang harus mengeluarkan biaya," sebut Kadinkes.

Sehingga lanjutnya, ditemukan kasus cukup banyak tiga bulan ini.

Dimana Dinkes juga menyampaikan kasus positif yang cukup banyak ditemukan melalui pemeriksaan tes tersebut adalah Fenomena Gunung Es.

Dimana yang tidak terlihat sesungguhnya mungkin lebih banyak lagi.

"Bukan berarti melonjaknya kasus tiga bulan ini faktor kami tidak bekerja, malah karena kami melakukan berbagai upaya, maka ditemukan kasus cukup banyak dan kami berharap dengan seperti ini bisa menekan terus penyebaran covid-19 di Kapuas," ungkap Apendi.

Selain itu, Kadinkes, juga menyebut, selain berupaya dalam hal mencari kasus positif sebanyak-banyaknya, hal utama lainnya dalam pengendalian covid adalah isolasi yang benar, sampai sembuh.

"Dan tentunya protokol kesehatan 5M, wajib disiplin diterapkan, ini selalu dan selalu kami terus sampaikan ke masyarakat," terangnya.

Menurutnya, sekalipun pada orang yang sudah divaksin, agar terus disiplin prokes, karena vaksinasi dengan sinovac, tidak menjamin tidak adanya penularan.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama