Refleksi 215 Tahun Kapuas, Legislator Ini Minta Pemerataan Pembangunan

Refleksi 215 Tahun Kapuas, Legislator Ini Minta Pemerataan Pembangunan

KUALA KAPUAS, MK - Momentum Hari Jadi ke-215 Kota Kuala Kapuas dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 70 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas, hendaknya menjadi refleksi dan evaluasi, khususnya dalam hal pemerataan pembangunan infrastruktur.

Demikian disampaikan Berinto, SH, MH, anggota DPRD Kabupaten Kapuas, Senin (22/3/2021).

Menurut Berinto, momen 215 tahun Kota Kapuas dan 70 tahun usia Pemkab Kapuas sejatinya adalah hal membahagiakan dan bersejarah terlebih bagi yang terlahir dan berdomisili di Kapuas itu sendiri.

"Harapan saya supaya yang berbahagia dan menikmati hasil pembangunan di Kapuas ini tidak hanya masyarakat yang berada di pusat kota saja, tetapi masyarakat yang ada di wilayah hulu dan pedalaman tentu harus diperhatikan oleh pemerintah supaya rasa keadilan itu juga sampai ke pelosok dan pedalaman Kapuas," papar Berinto, di Kantor DPRD Kapuas.

Karena, lanjut dia, mereka yang berada di hulu Kapuas merupakan satu kesatuan bagian dari masyarakat Kabupaten Kapuas.

Politisi Nadem ini mencontohkan belum dirasakannya pemerataan pembangunan oleh warga di Desa Masuparia dan Desa Tumbang Bukoi, Kecamatan Mandau Telawang dan juga masyarakat di Mampai Jaya Kecamatan Kapuas Hulu.

"Realita hari ini, masyarakat di Masuparia di sana belum ada badan jalan. Jangankan jalan ber aspal, badan jalanpun belum ada. Nah untuk yang di Desa Tumbang Bukoi sudah ada badan jalan tapi belum fungsional tidak bisa dilewati, ini yang paling ujung yang saya sebut ini," tandas Berinto. 

Politisi Nasdem yang dikenal kritis ini menegaskan, pemerataan pembangunan berhak dirasakan masyarakat di wilayah hulu Kapuas.

"Rasa keadilan itu tidak hanya dirasakan masyarakat di perkotaan tapi masyarakat di pedalaman juga harus menjadi prioritas jangan ada kebijakan yang diskriminatif. Ini baru bicara infrastruktur jalan saja, apakah tidak diskriminatif bagi mereka yang ada di Masuparia dan Tumbang Bukoi," ujarnya.

Wakil rakyat dari Dapil III ini menegaskan, situasi pandemi Covid-19 ini juga bukan berarti menjadi alasan tidak adanya pemerataan pembangunan infrastruktur.

"Kita menyadari ini suasana pandemi tapi jangan menjadi alasan mereka harus ditinggkalkan dalam program pembangunan," pungkas Berinto.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama