Momen Hari Jadi, Pemkab Kapuas Nobar Film Sejarah Nyai Undang

Momen Hari Jadi, Pemkab Kapuas Nobar Film Sejarah Nyai Undang

KUALA KAPUAS, MK - Memperingati dan memeriahkan Hari Jadi ke 215 Kota Kuala Kapuas dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 70 Pememerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas tahun 2021, Pemkab Kapuas menggelar acara nonton bareng (nobar) film sejarah bertitel Nyai Undang, Senin (22/3/2021).

Film sejarah Nyai Undang ini merupakan garapan Pemkab Kapuas melalui Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Opahraga (Disbudpora) bekerja sama dengan tim produksi film Kreasi Anak Bangsa (KAB)

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, (Disbudpora) Kapuas H Suparman menyampaikan untuk acara nonton bareng itu,  sesi 1 jam 15.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

"Sesi 1 ini nonton bareng Bupati Kapuas, Forkopimda, Pimpinan SOPD serta pemeran tokoh utama dan pimpinan perguruan, klub, sanggar tanpa anggota," jelasnya.

Kemudian, lanjut dia, sesi 2  pukul 19.00 WIB sampai 21.00 WIB nonton bareng seluruh pemain film Nyai Undang dan masyarakat.

Kedua sesi ini, diatur untuk mengurangi kerumunan massa dan menghormati protokol kesehatan.

“Mohon kerjasama pimpinan masing-masing perguruan dan sanggar maupun klub yang terlibat dalam karya film ini.Terima kasih semoga sukses,” tukasnya.

Film sejarah ini, tokoh utamanya yang menurut legenda merupakan seorang Ratu yang cantik yakni Nyai Undang yang memimpin sebuah kerajaan, Tanjung Pematang Sawang atau Kuta (Benteng) hidup pada abad ke-14 masehi. 

Jejak sejarah berupa situs dan artepak kuno itu sendiri terdapat di Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, dimana konon dulu kerajaan itu ada di wilayah itu.[zulkifli]


 
Lebih baru Lebih lama