Prosesi Adat Natas Banyang Sambut Kajari Bartim yang Baru

Prosesi Adat Natas Banyang Sambut Kajari Bartim yang Baru

TAMIANG LAYANG, MK - Kedatangan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Barito Timur (Bartim) yang baru, Daniel Pananangan disambut dengan prosesi adat Dayak Maanyan, Natas Banyang, Selasa (9/3/2021).

Penyambutan tersebut dihadiri oleh Bupati Bartim Ampera AY Mebas dan Wakilnya Habib Abdul Saleh dan perwakilan instansi vertikal.

Seledes Humbal yang memimpin prosesi Natas Banyang tersebut menjelaskan, Bartim memiliki ragam kebudayaan yang sangat tinggi, dan salah satunya tradisi penyambutan tamu kehormatan yang datang di Kabupaten berjuluk Gumi Jari Janang Kalalawah itu.

"Dalam penyambutan kita melakukan prosesi Natas Banyang atau yang umum dikenal dengan potong pantan, yaitu kita membuat gerbang dengan pagar penghalang, sebagai tanda kita menyambut sekaligus menanyakan tujuan mereka datang ke Barito Timur," paparnya usai prosesi penyambutan tersebut di Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Bartim.

Ia melanjutkan, setelah mendapatkan penjelasan dari tamu yang disambut dan tujuan mereka baik, maka wadian mempersilahkan memotong pagar penghalang atau banyang sebagai pertanda membuka pintu bagi tamu.

Sementara itu, Daniel Pananangan saat menyampaikan sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih karena disambut dengan luar biasa melalui prosesi adat tersebut.

Dirinya juga menyebut, Kajari sebelumnya telah menorehkan prestasi yang baik sehingga Kejari Bartim dapat meraih predikat wilayah bebas korupsi atau WBK.

"Satu sisi saya senang tapi di sisi yang lain ini berat buat saya karena dituntut untuk lebih berhasil lagi disini," ujar Daniel.

Namun, dirinya mengaku yakin dengan dukungan jajaran Kejari dan institusi lain maka akan meraih keberhasilan dalam tugasnya sebagai Kajari.

Diketahui, Daniel Pananangan menggantikan Roy Rovalino Herudiansyah yang dipindah tugaskan ke Kejari Pemalang, Jawa Tengah.[rama]
Lebih baru Lebih lama