Mendagri, Satpol PP dan Linmas Jangan Arogan

Mendagri, Satpol PP dan Linmas Jangan Arogan

SERUAN peningkatan profesionalisme, integritas, dan tetap humanis disampaikan Menteri Dalam Negeri , Tito Karnavian melalui pidato  yang dibacakan Penjabat Gubernur Kalsel, Dr Safrizal ZA Msi, pada Rabu 3 Maret 2021 dalam Peringatan HUT ke-71 Satpol PP dan Linmas di Mahligai,yang diikuti 13 kabupaten/kota se Kalsel secara virtual, melalui siaran Pers Humas Pemprov Kalsel.

Mendagri mengingatkan anggota Satpol PP dan Linmas tetap melaksanakan kewenangannya secara proporsional, menghindari sikap yang arogan serta tetap humanis saat berugas.

Satpol PP dan Sat Linmas memiliki tugas sebagai pengemban tugas kepolisian yang terbatas, khususnya dalam rangka penegakan peraturan daerah dan peraturan kepala daerah di daerah masing-masing, memelihara keamanan serta ketertiban umum. 

Demikian juga satuan Linmas memiliki tugas pengemban fungsi kepolisian dalam rangka menegakkan aturan-aturan, menjaga keamanan terutama dalam proses rangkaian pemilu dan pilkada.

Usai mengikuti Peringatan HUT ke-71 Satpol PP dan Linmas, Safrizal memaparkan kepada wartawan, “Kita berharap Satpol PP lebih profesional, berkompeten, berintegritas, harus humanis dan  menghindari tindakan kekerasan," ucapnya.

Satpol PP dalam struktur pemerintahan termasuk urusan wajib dan layanan dasar, yang memiliki  standar layanan minimal dalam menjalankan tugasnya.

Pemerintah daerah memprioritaskan anggaran dalam rangka pencapaian  pelayanan standar minimal. Personil pun terus ditingkatkan sumber daya atau kemampuannya sehingga lebih andal.


Tema HUT Satpol PP dan Satlinmas tahun ini adalah ‘Kesiapsiagaan Satpol PP dan Satlinmas Dalam Upaya Membantu Pencegahan Pengendalian dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 untuk Menuju Indonesia yang Sehat’. 

Karenanya, jajaran Satpol PP dan Linmas juga diminta meningkatkan kesiapsiagaan dalam mendukung penertiban protokol kesehatan sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat agar tetap melakukan 5M, yakni mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan .

Di akhir acara, Safrizal berdialog dengan beberapa perwakilan Satpol PP dan Linmas di daerah dan meminta kegiatan penerapan prokes setempat, termasuk data anggota yang terpapar covid-19.

Dari Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan, dan Kotabaru secara bergiliran memberikan tanggapan mereka dan kegiatan penertiban prokes. 


Di HSS bahkan mereka siap divaksin massal demi menjaga kekebalan tubuh atau imunitas untuk menangkal terserang ccovid-19.

“Tetap menjaga diri, lindungi diri sesuai standar kesehatan, semoga anggota Satpol PP dan Linmas terus diberikan kesehatan,” doanya.[araska/adv]


Lebih baru Lebih lama