Kuatkan Komoditi Cadangan Pangan Strategis Nasional

Kuatkan Komoditi Cadangan Pangan Strategis Nasional

KUALA KURUN, MK - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, mengatakan, selain sebagai lokasi food estate, Kalimantan Tengah (Kalteng) juga memiliki potensi sebagai pengembangan food estate sebagai program cadangan strategis pangan nasional. 

Dan itu harus didukung, dikembangkan dan ditingkatkan sekaligus disukseskan untuk menjadi bagian lumbung pangan nasional.

Hal itu disampaikan oleh Menhan saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Gunung Mas (Gumas) didampingi Gubernur Kalteng H Augianto Sabran, dan Bupati Gumas Jaya S Monong, Rabu (10/3/2021). 

Menhan meninjau langalsung lokasi pengembangan food Elestate komoditi Singkong yang berada di Desa Tewai Baru, Kecamatan Sepang.

"Pembangunan food estate ini sudah menjadi Keputusan dari Presiden Republik Indonesia. Maksud dan tujuannya untuk mengatasi semua kemungkinan yang akan dihadapi Bangsa Indonesia terkait krisis pangan dunia sebagai akibat dari pandemi yang terjadi saat ini. Upaya kita Indonesia agar tidak tergantung kepada Negara lain," ucap Prabowo.

Menhan, Gubernur, Bupati, Pangdam, Kapolda Kalteng dan Danrem melihat dan juga memantau langsung penanaman Singkong, serta melakukan pertemuan dengan warga.

Prabowo juga menyerap aspirasi masyarakat setempat mengenai pengembangan food estate serta apa saja yang harus dipersiapkan agar pembangunan food estate di Kabupaten Gumas berjalan dengan baik dan sukses. 

Hal ini juga sekaligus mendukung program cadangan pangan strategis nasional. Direncanakan lahan untuk pengembangan komoditi singkong di kalteng seluas kurang lebih 1 Juta hektar. Pengembangan komoditi singkong dimulai dari Kabupaten Gumas.

Untuk tahun 2021, pengembangan komoditi singkong di Gumas kurang lebih 30.000 hektar. Saat ini, lahan sudah diolah seluas 634 hektar dan yang sudah ditanam singkong seluas 32 hektar.

"Komoditi singkong dipilih untuk mendukung program cadangan pangan strategis nasional. Karena, singkong bisa menghasilkan sekian banyak turunan, salah satunya mie, tapioka dan mocaf. Kami juga disini menyerap aspirasi warga dan pemerintah untuk mendukung suksesnya program nasional di wilayah ini," ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Sugianto menyambut baik kedatangan Menhan dalam memantau dan meninjau lokasi pengembangan food estate di Kalteng.

"Berbagai masukan dan koordinasi kami diskusikan bersama Pak Menhan guna mendukung suksesnya program pangan nasional di wilayah Kalteng," tukasnya.[kenedy/adv]
Lebih baru Lebih lama