Jaga Kesehatan dan Tingkatkan Ketaatan Prokes

Jaga Kesehatan dan Tingkatkan Ketaatan Prokes

PALANGKA RAYA, MK - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran tidak henti-hentinya meminta dan mengajak masyarakat untuk jangan kendor dalam penerapan protokol kesehatan dan selalu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan bergizi serta rutin berolahraga. 

"Kepada Pemerintah Kabupaten dan Kota agar fokus dalam penanganan pandemi Covid-19 melalui pendekatan perubahan perilaku masyarakat. Terus edukasi masuarakat untuk taat prokes dan vaksin aman serta halal," ungkapnya, Rabu (17/3/2021).

Disampaikannya, dengan menerapkan perubahan perilaku disiplin prokes akan menjadi kekuatan memutus mata rantai sebaran Covid-19.

"Adapun kaitan dengan perubahan perilaku ini adalah bagaimana menumbuhkan kesadaran kolektif dan peran dari seluruh komponen. Termasuk upaya-upaya dalam perbaikan perekonomian dan peningkatanya," tuturnya.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai itu menekankan pentingnya peran kolaborasi pentaheliks berbasis komunitas untuk memberikan sosialisasi kepada seluruh aspek. Keberhasilan dalam menangani Covid-19 adalah melalui sosialisasi yang baik dan tepat sasaran kepada masyarakat. 

"Peran komunikasi publik menjadi hal yang sangat mendasar, serta pemahaman dan pengertian bahwa Covid-19 berbahaya," katanya.

Dilanjutkannya, melalui fungsi edukasi, sosialisasi dan mitigasi yang harus di implementasikan dengan baik. Ia juga meminta pemerintah kabupaten/kota untuk memperketat prokes di perkantoran pemerintah.

"Pelacakan secara masif dilakukan guna mengantisipasi penyebaran yang lebih masif lagi dilingkungan pemerintah. Saya tidak ingin adanya kluster baru dilingkungan pemerintah, makanya saat ini pelacakan terus dilakukan," timpalnya.

Seluruh kepala daerah agar menindaklanjuti arahan dari Pemerintah Pusat terkait Covid-19. Pemerintah bisa melakukan sosialisasi prokes secara masif dan bisa dimulai dengan fokus mengajak masyarakat untuk mematuhinya.

Selain itu, tambahnya, kesadaran masyarakat dalam penerapan prokes juga sangat penting dilakukan. Karena, masyarakat adalah garda terdepan dalam upaya memutus penyebaran Covid-19.

"Mari kita berdoa bersama-sama agar pandemi ini cepat berlalu dan kehidupan serta perekonomian dapat ditingkatkan lagi," tukasnya.[kenedy]
Lebih baru Lebih lama