Hasil Reses Anggota DPRD Pulpis Dapil II Warga Usulkan Bidang Infrastruktur, Pertanian, Peternakan dan Perkebunan

Hasil Reses Anggota DPRD Pulpis Dapil II Warga Usulkan Bidang Infrastruktur, Pertanian, Peternakan dan Perkebunan

PULANG PISAU, MK - Anggota DPRD Pulang Pisau Daerah Pemilihan (Dapil) II, yakni Kecamatan Maliku dan Pandih Batu melaksanakan kunjungan kerja reses untuk menyerap aspirasi masyarakat di Dapilnya masing-masing.

Dalam kunjungan kerja itu, terungkap sejumlah aspirasi masyarakat dua kecamatan tersebut dengan harapan para legislator asal Dapil II dapat menyampaikannya kepada pemerintah daerah setempat.

Dalam laporan hasil reses yang disampaikan pada saat rapat paripurna baru-baru ini, anggota DPRD Dapil II yang terdiri dari H Ahmad Rifa’i, H Ahmad Fadli Rahman, Arif Rahman Hakim, H Nuril Khakim, Sri Harini Margaretha, Sentot Siswanto, Jamilah, Satria Wandi, dan Ragil Ari L Supar menampung beberapa aspirasi masyarakat terutama di bidang pembangunan.

Salah seorang anggota DPRD Dapil II, H Nuril Khakim mengungkapkan, di Kecamatan Maliku, warga menyampaikan 41 usulan di bidang infrastruktur, antara lain, peningkatan jalan penghubung antar desa sepanjang 8 Km Desa Sidodadi, pembuatan gorong-gorong sebanyak tujuh buah, pembuatan jalan usaha tani, pembuatan jalan lingkungan sepanjang 6 km, pengadaan sarana air bersih Desa Kanamit Jaya, pembuatan box culvert dan usulan pembangunan serta peningkatan infrastruktur lainnya.

"Di bidang pendidikan, warga mengusulkan pembuatan pagar sekolah SDN I Kanamit Jaya, pembuatan pagar SDN I Garantung, pembangunan perumahan guru Desa Garantung 1 dan 2, pembuatan taman sekolah MTsN Maliku, dan pembuatan pagar TK Lestari Desa Tahai Jaya," ujar H Nuril, sapaan akrabnya.

Sementara di Bidang kesehatan, warga mengusulkan bantuan pembuatan kartu KIP dan JKN, rehab Pustu Desa Kanamit Jaya, pembangunan cor halaman Pustu Desa Kanamit Jaya, pengadaan mobil ambulan, penambahan petugas kesehatan Pustu, dan pembangunan gedung Posyandu Desa Kanamit Jaya.

"Kemudian di bidang pemerintahan, warga mengusulkan rehab gedung Kantor Desa Kanamit Jaya. Sedangkan bidang pertanian, peternakan dan perkebunan warga mengusul pengadaan eksavator dan hand traktor, tosa, mesin tanam padi dan alat tanam jagung di Desa Kanamit Jaya, dan banyak lagi usulan bidang pertanian, pertanakan dan perkebunan lainnya," ucapnya.

Demikian pula, lanjut Hakim di Kecamatan Pandih Batu, rata-rata usulan warga didominasi bidang infrastruktur, pertanian, peternakan dan perkebunan, mengingat 2 kecamatan ini pencarian warga lebih didominasi petani, peternak dan pekebun.

"Terlebih di dua kecamatan tersebut adalah kawasan pengembangan Food Estate sehingga sarana dan prasarana pertanian sangat diperlukan. Kita akan support ini dan akan membawa hasil reses ini ke forum komisi untuk selanjutnya diteruskan ke eksekutif," imbuhnya.[manan]

Lebih baru Lebih lama