Dekati Ramadan, Beberapa Sembako Mulai Merangkak Naik

Dekati Ramadan, Beberapa Sembako Mulai Merangkak Naik

PARINGIN, MK - Mendekati datangnya bulan Ramadan, beberapa jenis bahan sembako di Balangan mengalami kenaikkan seperti cabe, daging ayam serta minyak goreng. Beruntung, harga sembako jenis lain masih terpantau aman.

Kabid Fasilitas dan Sarana Distribusi Perdagangan Dinas Perdagangan Kabupaten Balangan, Sugiatun Mukminati menyebutkan, harga cabe rawit memang mengalami kenaikan derasti sedangkan minyak goreng dan daging ayam juga mulai alami kenaikan jelang datangnya Ramadan.

"Saat ini terpantau harga cabe rawit jenis tiung capai harga Rp120.000 sedangkan minyak goreng berkisar Rp13.000 per liter dan untuk daging ayam naik menjadi Rp28.000 per kilogram," ujarnya Sugiatun, saat ditemui di kantornya, Senin (22/3/2021).

Ia juga menambahkan, untuk jenis sembako lain masih terpantau stabil di pasaran. Sementara itu pihaknya dalam menyikapi harga sembako dalam menjelang  datangnya bulan Ramadan, berencana melakukan sidak harga dan pasar murah.

"Kita akan berencana melakukan sidak harga di pasaran, tentunya kita juga akan memantau terlebih dahulu seperti apa distribusi di pasaran, dan harga apakah relatif stabil atau tidak," tuturnya.

Selanjutnya, pihaknya dalam menyikapi apabila terjadi kenaikan harga sembako, maka pihaknya akan berkoordinasi bersama Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel.

"Sehingga langkah, apa saja nantinya yang diambil untuk mengatasinya," pungkasnya.[agus]

Lebih baru Lebih lama