Bupati Ben Tinjau Lokasi Food Estate di Kecamatan Dadahup

Bupati Ben Tinjau Lokasi Food Estate di Kecamatan Dadahup

KUALA KAPUAS, MK - Bupati Kapuas  Ben Brahim S Bahat, didampingi Kepala Dinas PUPRPKP Kapuas, Teras, Plt. Kepala Dinas Pertanian, Aswan, meninjau lokasi program ketahanan pangan nasional food estate di Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Selasa (23/3/2021) sore.

Kedatangan Bupati Kapuas, di lokasi kunjungan disambut Camat Dadahup beserta unsur Tripika, dan PPK Balai SDA PUPR beserta jajaran.

Ben Brahim, berkesempatan meninjau
pelaksanaan peningkatan jalan, dan pelaksanaan penggalian saluran irigasi di lokasi food estate Dadahup,

Rombongan juga meninjau direksi keet food estate atau tempat pengawasan, pengendalian pekerjaan dan pekerjaan administrasi proyek, di Desa Bentuk Jaya A5, Kecamatan Dadahup, serta dilanjutkan diskusi teknis di kantor proyek pada lokasi tersebut.

Ben Brahim menyampaikan bahwa Pemkab Kapuas sangat perhatian terhadap pelaksanaan program food estate, dan mendukung dapat berjalan sukses.

"Karena Kabupaten Kapuas memang lumbung pangan di Kalteng, dan akan menjadi lumbung pangan nasional. Luas lahan irigasi di wilayah Dadahup ini kurang-lebih 21.000 hektar," kata Ben, di sela kunjungan.

Mantan Kepala Dinas PU Provinsi Kalteng ini, juga meninjau Sistem Penyediaan Air (SPA), yakni sebuah sistem antisipasi dan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), yang terpasang di lokasi food estate A5, di mana SPA tersebut merupakan inovasi yang digagas Ben Brahim S Bahat sendiri sebelumnya.

Menurutnya, inovasi SPA tersebut dapat dipasang dimana saja, sesuai kebutuhan, ditengah-tengah hutan pun bisa dilakukan.

"Inovasi ini menggunakan kincir angin sederhana untuk memompa sumur bor sederhana, tidak perlu menggunakan tenaga listrik," jelasnya.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama